Anas Urbaningrum Tiba di Monas Jelang Pidato ‘Gantung Anas di Monas’

Jam : 08:29 | oleh -330 Dilihat
Anas Urbaningrum
Anas Urbaningrum

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ketua Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum akan berpidato terkait sumpah gantung di Monas. Pidato itu akan dibacakan Anas di Silang Monas, Jakarta Pusat, pagi ini.

Pantauan wartawan, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (15/7/2023), Anas tiba di lokasi sekitar pukul 09.16 WIB. Anas tampak mengenakan kemeja putih.

Tampak hadir pula Ketua Majelis Agus PKN Gede Pasek Suardika. Selain itu, para kader PKN pun tampak hadir.

Diketahui, pada tahun 2012 tepatnya pada 9 Maret, Anas yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sesumbar tentang kasus dugaan korupsi proyek olahraga Hambalang di Bogor. Dia mengklaim tidak menerima uang korupsi dari Hambalang.

“Satu rupiah saja Anas korupsi Hambalang, gantung Anas di Monas,” kata Anas saat itu.

Namun ternyata Anas dihukum 8 tahun penjara, setelah hukumannya disunat oleh Mahkamah Agung (MA) dari 14 tahun penjara. Kemudian, Anas keluar dari Lapas Sukamiskin pada 11 April 2023.

Anas lalu menyambangi rumah ibunya di Blitar, Jawa Timur keesokan harinya. Setiba di rumah, Anas langsung sungkem kepada ibunya, Sriati, di ruang tengah.

Wartawan lantas menanyakan janji Anas yang meminta digantung di Monas jika terbukti bersalah dalam kasus korupsi Hambalang. Anas menjawab seperti ini:

“Nomor satu, bahwa saya yakin tidak melakukan sesuatu yang dituduhkan itu. Itu keyakinan lahir batin dunia akhirat tidak akan pernah berubah sampai kapan pun. Karena saya yang tahu.” katanya. (d.c/Putri)