PAN Tak Akan Dukung Anies, PD Singgung Hambatan Gabung Koalisi Perubahan

Jam : 09:09 | oleh -141 Dilihat
Deputi Bappilu Partai Demokrat (PD) Kamhar Lakumani
Deputi Bappilu Partai Demokrat (PD) Kamhar Lakumani

Jakarta, ToeNTAS.com,- PAN menyampaikan tak akan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partai Demokrat (PD) menghormati dan menyebut PAN akan ikut tokoh yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami menghormati kedaulatan dan sikap politik dari setiap partai dalam mengambil dan menentukan arah dan dukungan politiknya terkait Pilpres 2024 mendatang,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, saat dihubungi, Senin (7/8/2023).

“Apalagi sejak awal PAN, Golkar dan PPP telah membentuk poros koalisi sendiri yang tergabung di KIB, yang terbaca publik menjadi kendaraan politik yang dipersiapkan untuk Paslon yang diinginkan Pak Jokowi,” ucapnya.

Kamhar melihat ada dinamika politik antara PAN dan partai anggota koalisi lainnya. Namun tak bergeser dari tujuan awal untuk mencari capres pilihan Jokowi.

“Meskipun ada dinamika politik yang kemudian terjadi, mencair dan ada perubahan konfigurasi, namun sejatinya tak bergeser dari alasan awal keberadaannya. Menjadi kendaraan politik bagi figur yang diinginkan Pak Jokowi,” katanya.

“Jadi Kami bisa memahami jika kemudian ada hambatan untuk bergabung bersama Koalisi Perubahan yang telah menetapkan Mas Anies Baswedan sebagai Capresnya. Namun demikian, kami tetap menghormati pilihan masing-masing partai,” katanya.

Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya tak akan mendukung Anies. Sikap itu sama dengan yang diucapkan oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Sama (dengan sikap Golkar tidak mendukung Anies). Kan dari awal saya mengatakan bahwa PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah,” kata Viva Yoga kepada wartawan di Kantor DPP PAN, Jl Warung Buncit, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023).

Viva menegaskan PAN tak akan berkoalisi dengan partai di luar pemerintah. Sebagai informasi, Anies Baswedan merupakan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), koalisi yang diinisiasi NasDem, Demokrat, dan PKS.

“PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah. Seperti itulah,” ujarnya.

Dia mengatakan PAN tak menutup kemungkinan akan berkoalisi dengan Gerindra atau PDIP. Dia mengatakan arah koalisi PAN akan diumumkan Ketum PAN, Zulkifli Hasan.

“Tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai Gerindra atau dengan PDIP. Harus satu nafas itu,” kata Viva.

“Nanti akan diputuskan oleh Bang Zulkifli Hasan. Ikan sepat, ikan gabus, makin cepat, makin bagus,” tambahnya. (d.c/Anggi)