Tak Bayar Sewa 3 Bulan, Pria Diduga Dikunci Pemilik Apartemen Hingga Mati Kelaparan

Jam : 15:47 | oleh -87 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Pernahkah kamu telat membayar uang sewa rumah atau apartemen? Pengalaman apa yang pernah kamu alami dan dilakukan oleh pemilik unit saat kamu telat membayar?

Pengalaman buruk dialami seorang pria di Malaysia. Dia mati kelaparan karena diduga dikunci dari luar oleh pemilik apartemen.

Dikutip dari Asiaonae, Minggu (13/8/2023) kejadian ini ramai dibicarakan di Malaysia. Jenazahnya ditemukan oleh tetangga pada Juli lalu.

Keluarga korban pun menyewa pengacara Han and Partner’s Phang Soon. Mun dan Darren Ee untuk membawa kasus ini ke ranah hukum dan menuntut si pemilik apartemen.

“Diyakini bahwa si pemilik menguncinya karena korban tidak membayar sewa selama 3 bulan,” ujar pengacara Phang dalam sebuah wawancara dengan Sin Chew.

Korban, yang merupakan sopir pribadi berumur 40 tahun dilaporkan tidak bisa mencari bantuan karena dia tak memiliki cukup uang untuk membeli pulsa telepon.

Namun tak jelas apakah si pemilik apartemen mengetahui ada orang di dalam atau tidak saat dia mengunci pintu tersebut.

Pengacara mengatakan, meski pada kenyataannya si penyewa tak membayar, pemilik tak bisa serta merta mengunci pintu apartemen karena berpotensi berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Sebagai tambahan, katanya, ini juga bentuk pemenjaraan.

“Jika penyewa wanprestasi, pemilik dapat memperoleh penetapan pengadilan melalui pengadilan, atau menanganinya melalui gugatan sederhana,” jelasnya lebih lanjut. “Penyewa tidak boleh dikunci.”

“Kami baru saja mengambil kasus ini dan akan mengajukannya ke pengadilan sesegera mungkin untuk mencari keadilan bagi almarhum,” tambahnya. (d.c/Yunita)