Baliho Mulai Bertebaran, Begini Kekuatan Gibran di Survei Pilpres 2024

Jam : 19:26 | oleh -285 Dilihat
baliho bergambar prabowo gibran di labuan bajo manggarai barat
baliho bergambar prabowo gibran di labuan bajo manggarai barat

Jakarta, ToeNTAS.COM, – Muncul baliho berukuran besar yang menampilkan wacana duet Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Baliho duet Prabowo-Gibran itu mejeng di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Tepatnya, baliho itu berada di perempatan Jalan Bandara-Lamper Kape, yang merupakan lokasi strategis di sana.
“Masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden,” demikian tertulis pada baliho itu, dilansir detikBali.

Prabowo saat ini sudah diusung oleh Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) sebagai bacapres 2024. Lalu, bagaimana kekuatan Gibran yang terekam di papan survei?

Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA juga merilis hasil jajak pendapat mengenai bakal calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto. Dari 4 tokoh yang masuk dalam survei ini, salah satunya Gibran Rakabuming Raka.

Survei LSI Denny JA ini bertajuk ‘Gibran, Generasi Milenial & Pertarungan Cawapres 2024’. LSI Denny JA menyebut Gibran merupakan satu-satunya wakil dari generasi milenial di daftar cawapres beredar.

Pengumpulan data survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 3-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Metodologi sampling yakni multistage random sampling dan dilengkapi riset kualitatif. Survei ini disebut mempunyai margin of error +- 2,9%.

LSI Denny JA membedah kekuatan Gibran dibanding tiga nama lain yang santer disebut-sebut akan mengisi pos cawapresnya Prabowo Subianto. “Kekuatan Gibran dibandingkan cawapres Prabowo lainnya, ada Pak Erick, kemudian Pak Airlangga, kemudian juga Pak Muhaimin,” kata pembicara LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam rilis survei secara virtual, Senin (14/8/2023).

Ada dua faktor dalam perbandingan kekuatan Gibran dan 3 nama lain untuk bursa cawapresnya Prabowo. Faktor tersebut yakni tingkat popularitas dan kesukaan.

Lembaga survei Indikator merilis hasil jejak pendapat simulasi bacapres dengan bacawapres. Sosok bacapres potensial disimulasikan dengan bacawapresnya. Salah satunya menduetkan Prabowo dengan Gibran.

Survei dilaksanakan pada 15 hingga 21 Juli 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.811 responden yang diwawancarai tatap muka langsung. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.811 memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2.35% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh 38 provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Berikut simulasi dan hasilnya:

1.
Anies-AHY: 23,4%
Ganjar-Sandiaga: 34,1%
Prabowo-Erick Thohir: 33,9%
Tidak tahu/tidak jawab: 8,6%

2.
Anies-Yenny: 22,6%
Ganjar-Erick: 35,5%
Prabowo-Airlangga Hartarto: 32,6%
Tidak tahu/tidak jawab: 9,4%

3.
Anies-AHY: 24,3%
Ganjar-Erick: 35,8%
Prabowo-Gibran: 31,2%
Tidak tahu/tidak jawab: 8,8%.