Depok-Bandara Soetta Diklaim 15 Menit Lewat Tol Cijago, Bener Nggak Ya?

Jam : 19:14 | oleh -306 Dilihat
uji layak fungsi tol cijago seksi 3b
uji layak fungsi tol cijago seksi 3b

Jakarta, ToeNTAS.COM, – Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) telah selesai seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,19 kilometer (km) telah selesai uji laik. Dirut Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin selaku operator Tol Cijago mengklaim dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta dengan jalan tol ini bisa ditempuh cuma dalam waktu 15 menit.
Menanggapi hal tersebut, Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan waktu tersebut dinilai terlalu cepat. Menurutnya jika dihitung paling cepat waktu tempuhnya hanya sampai 30 menit, itu jika kondisi jalan sepi.

“Ya 30 menit, ngebut ya ngeri juga ya 15 menit itu kecepatan. Kalau 30 menit bisa. Sekarang dari Jakarta Pusat ke Soekarno Hatta itu dari pagi kalau sepi 45 menit bisa,” kata dia kepada detikcom, Sabtu (26/8/2023).

Untuk menuju Soekarno Hatta sendiri juga bukan hanya melalui Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang berjarak hampir 15 km atau 14,64 km. Tetapi juga terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

Jika melihat dari Google Maps, jarak dari Depok ke Soekarno Hatta melalui tol jaraknya hampir hampir 60 km. Djoko mengatakan jika jaraknya sepanjang itu, waktu tempuh 30 menit bisa dipenuhi dengan kecepatan kendaraan 120 km/jam.

“Kalau (Google Maps) 58 km ya, ya 60 km kalau 15 menit kan seperempat artinya kecepatannya tinggi sekali ya? Kalau 60 dibagi setengah itu kan 30 menit, jarak tempuhnya 120 km/jam. Kalau seperempat berarti 240km/jam cepat banget ya? Makanya tadi 15 menit nggak lah, kalau 30 menit mungkin bisa tetapi paling minimlah paling,” terangnya.

Meski begitu, menurut Djoko jalur Jagorawinya sendiri ini banyak sekali dengan kendaraan darat seperti truk-truk besar. Nah truk-truk ini yang memadati jalur tersebut kemungkinan akan memperlambat kecepatan. Namun, dia menilai dengan Cijago jarak tempuh Depok-Soekarno Hatta bisa 30 menit.

“Karena di situ angkutan darat lewat selatan saya juga malasnya ketemu angkutan barang. Yang bikin lama (jarak tempuh lambat) itu angkutan daratnya lama,” jelas dia.

Sebelumnya, dilansir Antara, Dirut Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin selaku operator Tol Cijago mengatakan tol ini akan memudahkan akses warga Depok ke Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya, Tol Cijago akan terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

Hilman Muchsin mengklaim dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta dengan jalan tol ini bisa ditempuh cuma dalam waktu 15 menit. “Kalau kita memakai kendaraan dari Limo (Depok) diperkirakan memakan waktu kurang dari 15 menit untuk mencapai Bandara Soekarno-Hatta,” kata Hilman Muchsin.

Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 km yang terdiri dari tiga seksi, yaitu seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,70 km telah beroperasi pada Januari 2012, sedangkan seksi 2 menghubungkan Raya Bogor – Kukusan sepanjang 5,50 Km telah beroperasi pada September 2019 lalu.

Kemudian untuk seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,50 Km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu, dilanjutkan seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,19 km setelah akan beroperasi setelah melakukan Uji Laik Fungsi. (det.c/wara)