Bagaimana Latar Belakang Pembentukan ASEAN? Ini Penjelasannya

Jam : 16:20 | oleh -116 Dilihat
Logo ASEAN
Logo ASEAN

Jakarta, ToeNTAS.com,- ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah perhimpunan bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara. Organisasi ini menjadi wadah kerja sama bagi 10 negara anggota ASEAN.

Latar belakang pembentukan ASEAN merupakan tujuan berdirinya organisasi Asia Tenggara ini. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Latar Belakang Pembentukan ASEAN
Dilansir situs resminya, ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations dibentuk pada 8 Agustus 1967. Adanya konflik yang terjadi di beberapa negara Asia Tenggara saat itu menjadi alasan dibentuknya ASEAN. Selain itu, ada beberapa latar belakang pembentukan ASEAN, yaitu:

Persamaan Geografis
Negara-negara ASEAN berada di kawasan Asia Tenggara yang terletak di antara Benua Australia dan daratan Benua Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Pasifik.

Persamaan Budaya
Penduduk Asia Tenggara merupakan keturunan dari ras Malayan Mongoloid. Ras ini dalam perkembangannya banyak menerima pengaruh budaya berupa warna kulit, makanan, hingga adat istiadat dari wilayah India, Arab (Gujarat), dan Cina.

Persamaan Kepentingan
Semua negara di Asia Tenggara memiliki tujuan dan visi yang sama yaitu kesejahteraan, kedamaian, keamanan, dan ketertiban, dalam lingkup nasional maupun regional.

Persamaan Nasib
Hampir seluruh negara di Asia Tenggara pernah dijajah oleh negara lain, seperti Indonesia oleh Belanda, Malaysia dan Singapura oleh Inggris, hingga Filipina oleh Spanyol dan Amerika. Hanya negara Thailand yang bebas dari penjajahan.

Sejarah Berdirinya ASEAN
Pembentukan ASEAN berawal dari tanggal 8 Agustus 1967, di mana lima pemimpin negara yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, duduk bersama di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand.

Mereka menandatangani dokumen Deklarasi ASEAN atau yang dikenal sebagai Deklarasi Bangkok. Penandatangan dokumen itu juga menjadi tonggak sejarah lahirnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations(ASEAN). Ini isi Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok.

Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara;
Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional;
Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi;

Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada;
Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.
Kelima tokoh itu disebut bapak pendiri perhimpunan ASEAN. Lima Menteri Luar Negeri yang menandatangani deklarasi ASEAN adalah:

Adam Malik (Indonesia)
Narciso R. Ramos (Filipina)
Tun Abdul Razak (Malaysia)
S. Rajaratnam (Singapura)
Thanat Khoman (Thailand).

Tujuan Pembentukan ASEAN
ASEAN dibentuk untuk mendeklarasikan asosisasi kerjasama regional di negara-negara Asia Tenggara. Tujuan dibentuknya organisasi ASEAN adalah sebagai berikut.

Pembentukan kerjasama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan dan bidang lainnya
Mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Demikian ulasan tentang latar belakang pembentukan ASEAN. Semoga bermanfaat! (d.c/Fira)