450 Pengendara Terjaring Operasi Zebra di Pandeglang, 47 Kena Tilang E-TLE

Jam : 16:52 | oleh -179 Dilihat
ilustrasi operasi Zebra
ilustrasi operasi Zebra

Pandeglang, ToeNTAS.com,- Satlantas Polres Pandeglang melaksanakan operasi zebra maung 2023. Dalam satu pekan ini, satlantas menegur 450 pengendara.

“Selama operasi zebra 2023 di wilayah hukum Polres Pandeglang, kami telah melaksanakan 450 teguran terhadap pengendara, dan 47 penindakan E-TLE selama satu minggu operasi zebra berlangsung,” kata Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Robby Rachman, Senin (18/9/2023).

Operasi zebra itu digelar pada 11-14 September 2023. Robby mengatakan para pelanggar didominasi pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm. Robby mengatakan beberapa pelajar juga turut ditegur.

Robby menjelaskan operasi zebra tahun ini mengedepankan peneguran, bukan penindakan. Dia mengatakan penindakan pelanggaran dilakukan jika pengendara melakukan pelanggaran berat seperti melawan arus hingga berkendara melebihi kapasitas.

“Selama operasi zebra kita lebih menekankan peneguran, jadi bukan penindakan. Jadi penindakan dilaksanakan jika pengendara itu melanggar yang fatal, contohnya melawan arah, terus overdimensi, terus tidak menggunakan helm sama sekali,” terangnya.

Robby mengatakan operasi zebra maung tahun 2023 akan digelar selama dua minggu ke depan. Adapun dalam operasi tersebut, polisi menyasar pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm, melebihi batas kecepatan, knalpot brong hingga pengemudi di bawah umur.

“Terakhir sampai tanggal 24 September, dua minggu pelaksanaan operasi zebra,” ucapnya. (d.c/Wati)