Politikus PDIP Tak Kaget PD ke Prabowo, Ungkit Koalisi Kurus Menang Pilpres

Jam : 16:47 | oleh -96 Dilihat
Charles Honoris bersama Ganjar Pranowo
Charles Honoris bersama Ganjar Pranowo

Jakarta, ToeNTAS.com,- Partai Demokrat memberi dukungan kepada bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto. Elite PDIP Charles Honoris mengungkit ‘koalisi kurus’ yang tetap dapat memenangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), capres usungannya di dua pilpres lalu.

“Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Prabowo adalah hal yang tidak mengejutkan sama sekali. Sebab dalam dua Pilpres sebelumnya, 2014 dan 2019, Demokrat juga selalu mendukung Prabowo,” kata Charles, Senin (18/9/2023).

Charles menyinggung koalisi gemuk pengusung Prabowo Subianto di pilpres sebelumnya. Menurutnya, koalisi gemuk itu tak menjadi jaminan memenangkan kontestasi pilpres.

“Konstelasi dukungan partai-partai kepada Prabowo hari ini justru mengembalikan ingatan publik pada Pilpres 2014, di mana saat itu Prabowo didukung koalisi besar/gemuk dan Jokowi didukung koalisi kecil/kurus, dan pada akhirnya sejarah mencatat, yang kurus yang didukung rakyatlah yang menang,” kata Charles.

Charles menyebut rakyat akan lebih memilih Ganjar karena kualitasnya. Dia mengungkit kapasitas Ganjar sebagai kepala daerah yang, menurutnya, sudah teruji.

“Kami yakin rakyat dengan hati nuraninya akan memilih Ganjar karena kualitas kepemimpinannya sudah teruji dari bawah sebagai kepala daerah,” imbuhnya.

Charles menyebut PDIP sudah terbiasa melawan kelompok yang punya kekuatan politik besar. Dia menyebut PDIP kembali akan ‘dikeroyok’ di 2024.

“PDI Perjuangan adalah partai yang sudah terbiasa ‘dikeroyok’. Bukan saja pada Pilpres 2014, tetapi juga dalam pemilu-pemilu sebelumnya, baik di era transisi demokrasi maupun di era Orde Baru. Bahkan banyak yang menilai, sejarah PDI Perjuangan adalah sejarah dikeroyok oleh kekuatan politik besar,” lanjut dia.

Partai Demokrat telah memberikan dukungan ke Prabowo Subianto buntut pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kediaman Prabowo, Hambalang, Jawa Barat, kemarin. Bacapres yang didukung poros KIM itu kini berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, dan Gelora. (d.c/Jaja)