Wajah Baru Alun-Alun Tugu Malang Usai Revitalisasi Habiskan Rp 5,3 M

Jam : 08:37 | oleh -236 Dilihat
Alun-alun Tugu Kota Malang
Alun-alun Tugu Kota Malang

Malang, ToeNTAS.com,- Alun-Alun Tugu Kota Malang kini memiliki wajah baru. Tidak tanggung-tanggung, untuk menyulap taman yang mengelilingi tugu bersejarah itu Pemkot Malang menggelontorkan anggaran hingga Rp 5,3 miliar.

Beberapa perubahan terlihat pada Alun-Alun Tugu Kota Malang setelah revitalisasi. Mulai dari pagar yang telah dihilangkan, pelebaran pedestrian, penambahan lampu hias, penambahan air mancur, hingga penataan ulang taman.

“Pedestrian sebelumnya 2 meter diperlebar jadi 5 meter, air mancur keluarnya ada 3 jenis, lampu hias dan penataan ulang taman,” ujar Kabid Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang Laode KB Al Fitria, Senin (9/10/2023).

Meski revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang sudah sepenuhnya selesai sejak Senin 9 Oktober 2023. Pemkot Malang belum menyampaikan kapan peresmian Alun-Alun Tugu Kota Malang dilakukan.

Kini Pemkot Malang tinggal proses Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima saja. Namun, pihak pelaksana proyek masih memiliki tanggungan pemeliharaan Alun-Alun Tugu Kota Malang selama 6 bulan ke depan.

“Kami masih menunggu arahan dari pimpinan terkait dengan peresmian Alun-Alun Tugu Kota Malang,” kata Laode sapaan akrabnya.

Ia pun tidak memungkiri, walau belum dibuka secara resmi. Sudah banyak orang yang datang untuk melihat Alun-Alun Tugu Kota Malang atau sekedar berswafoto.

“Bisa dilihat sendiri, banyak orang yang sudah datang untuk foto-foto. Tapi memang kalau secara langsung belum diresmikan,” tandasnya. (d.c/Agus)