Israel Buka Kembali Pasokan Air, Warga Gaza: Aksi Publisitas Belaka!

Jam : 14:45 | oleh -102 Dilihat
Warga Gaza mengantre untuk mendapatkan pasokan air di tengah pengepungan oleh Israel
Warga Gaza mengantre untuk mendapatkan pasokan air di tengah pengepungan oleh Israel

Gaza City, ToeNTAS.com,- Keputusan Israel untuk membuka kembali pasokan air ke wilayah Jalur Gaza ditanggapi penduduk setempat dengan skeptisisme. Israel mengumumkan pembukaan kembali pasokan air itu setelah mengepung total Jalur Gaza selama sepekan terakhir saat serangan udara menghujani wilayah tersebut.

Seperti dilansir Al Jazeera, Senin (16/10/2023), penduduk Jalur Gaza menilai pengumuman Israel soal pembukaan kembali pasokan air itu hanyalah ‘aksi publisitas’.

“Saya pikir ini adalah aksi publisitas dan pengalihan perhatian. Saya pikir hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan air. Fokus pada saat ini harusnya pada pangan dan bahan bakar untuk listrik,” ucap seorang penduduk Gaza bernama Refaat Al Areer, yang berprofesi sebagai penulis.

Disebutkan oleh Al Areer bahwa ‘banyak pipa air yang rusak’ akibat serangan udara Israel sepekan terakhir. Dia menilai bahwa dibukanya kembali pasokan air ke Jalur Gaza, tanpa adanya pasokan listrik, akan sia-sia.

“Tanpa listrik, sebagian besar rumah tangga tidak akan mendapatkan air karena kita memerlukan pompa air untuk mengisi tangki-tangki air,” sebutnya.

Al Areer menambahkan bahwa mayoritas keluarga Palestina rata-rata membeli air bersih setiap hari, karena air keran sebagian besar tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Imbas dari gempuran Israel secara terus-menerus, sebut Al Areer, telah membuat ‘stasiun air tawar ditutup’. “Sekali lagi, kami membutuhkan listrik untuk memompa air ke tangki air tawar kami,” ucapnya. (Miftah)