Momen AHY Semobil Bareng Jokowi hingga Lari Pagi di IKN

Jam : 07:06 | oleh -167 Dilihat
AHY mendampingi Jokowi dalam kunjungan ke IKN
AHY mendampingi Jokowi dalam kunjungan ke IKN

ToeNTAS.com,- Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya mengecek progres pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN. Sejumlah aktivitas dilakukan AHY di IKN.

Lari Pagi
Momen itu diunggah AHY lewat akun X-nya @AgusYudhoyono, dilihat wartawan, Jumat (1/3/2024). AHY juga turut mengunggah video dirinya lari pagi.

Tampak dalam video itu AHY mengenakan setelan loreng warna hijau ala TNI. Dia pun lalu sempat berhenti di atas sebuah bukit untuk bicara soal IKN.

“Selamat pagi dari IKN 1 Maret, Ibu Kota Nusantara, saat ini saya sedang berada di sebuah bukit yang bisa melihat secara luas pemandangan yang begitu indah. Kalau lihat di sana itu adalah kawasan inti pusat pemerintahan yang sedang dibangun, nanti disana ada Istana Kepresidenan, ada lapangan upacara untuk 17 Agustusan, lau ada kompleks perkantoran termasuk untuk para menteri,” kata AHY di sela lari pagi.

AHY menyebut IKN akan dibangun secara bertahap. Dia memastikan IKN bukan hanya sebagai pusat pemerintahan. “Tapi juga pusat ekonomi, pusat kebudayaan, pusat pendidikan, dan semua yang menjadi representasi Indonesia semakin maju, Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

AHY menyebut udara di IKN juga sejuk ketika dirinya berlari pagi. Dia juga menikmati hamparan bukit-bukit yang serba hijau.

“Yang jelas kita sangat senang dan berbangga jika pada akhirnya Indonesia memiliki sebuah pusat kebudayaan dan pusat peradaban yang juga tinggi karena visi dari Presiden Joko Widodo dan kita semua pemerintah adalah menghadirkan sebuah Ibu Kota yang hadirkan karakteristik yang cerdas, smart city, dan forest city, karena bukan hanya nanti cerdas, tapi juga sangat ramah lingkungan,” ujarnya.

“Kita ingin menghadirkan sebuah kehidupan yang benar-benar di tengah hutan, di tengah-tengah sebuah ekosistem yang harus kita jaga, kita rawat, kita lestarikan, kata kuncinya adalah sustainability. Sudah saatnya Indonesia juga mengedepankan energi baru terbarukan, mengapa? Karena kita harus sama-sama menjadi warga dunia yang bertanggung jawab untuk bisa hadapi krisis iklim, perubahan cuaca yang ekstrem yang membuat bumi kita semakin kering dan juga banyak masalahnya,” lanjutnya.

Dia pun memastikan pihaknya akan mendukung penuh pembangunan IKN. Menurutnya, ini memang butuh waktu, tapi pembangunan IKN selalu berprogres.

“Kita tahu ini butuh waktu, butuh proses, tapi kita harus punya progres, punya kemajuan, tahapan yang dilalui selama ini luar biasa, di tengah kesulitan waktu itu recovery dari pandemi, tetapi juga tetap dengan dedikasi dan komitmen ada belasan ribu yang tengah bekerja sebagai pekerja konstruksi, ini luar biasa karena harus diorekstrasi dengan baik. Kita semua harus mendoakan dan beri support terbaik agar IKN bisa terwujud dengan baik. Kita lanjut lagi olahraganya sambil mencari keringat, terima kasih,” ujar dia. Kemudian, AHY melanjutkan lari paginya.

Semobil dengan Jokowi
Di akun Instagramnya, AHY mengunggah sejumlah kegiatannya saat mendampingi Jokowi di IKN. Salah satunya ketika meninjau Istana dan Kantor Kepresidenan.

Pada video yang diunggah, Jumat (1/3/2024), AHY terlihat satu mobil dengan Presiden Jokowi. AHY turun dari kursi depan penumpang. Kemudian Jokowi turun dari kursi penumpang baris kedua mobil.

“Usai briefing di pagi hari, saya dan para Menteri terkait mendampingi Presiden @jokowi untuk meninjau pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN,” tulis AHY dalam keterangan video yang diunggahnya.

“Semoga semua proses pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat waktu,” lanjut AHY.

Dalam video yang diunggah itu juga terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Pada postingan selanjutnya, AHY mengunggah foto-foto kegiatan peninjauan Istana dan Kantor Kepresidenan. AHY mengatakan para menteri mendengarkan arahan Jokowi sesuai tupoksinya.

“Saya dan para Menteri lainnya mendengarkan arahan-arahan Presiden @jokowi untuk dapat ditindaklanjuti sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tulis AHY. (d.c/Firman)