Hari Tanpa Diskriminasi Sedunia 2024: Tema dan Asal-usul Peringatan

Jam : 13:02 | oleh -59 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Peringatan Hari Tanpa Diskriminasi Sedunia atau Zero Discrimination Day diperingati pada tanggal 1 Maret 2024. Peringatan ini sebagai ajakan kepada seluruh orang untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi dan menciptakan harmonisasi kehidupan sesama.

Lalu, bagaimana sejarah peringatan Hari Tanpa Diskriminasi 1 Maret? Simak informasinya berikut ini.

Tema Hari Tanpa Diskriminasi Sedunia 2024
Menurut KBBI, diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya). Adanya peringatan Hari Tanpa Diskriminasi diharapkan dapat menghilangkan bentuk diskriminasi di seluruh dunia.

Tanggal 1 Maret 2024 adalah peringatan 10 tahun Hari Tanpa Diskriminasi. Dilansir situs resmi ‘Joint United Nations Programme on HIV and Aids (UNAiDS), tema Hari Tanpa Diskriminasi 2024 adalah ‘To protect everyone’s health, protect everyone’s rights.’

UNAIDS menganggap hak setiap orang sangat penting untuk dilindungi dan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, setiap orang dapat berperan dalam mengakhiri diskriminasi.

Berikut beberapa cara memperingati Hari Tanpa Diskriminasi 1 Maret:

Mendukung kebijakan dalam rangka mendukung Hari Tanpa Diskriminasi, untuk melindungi hak setiap orang dengan hormat dan bermartabat.

Ikut memperingati Hari Tanpa Diskriminasi Sedunia.
Tunjukkan bahwa kita tidak menoleransi diskriminasi dalam bentuk apapun dan kepada siapapun.
Tanggapi tindakan diskriminasi secara serius.

Sejarah Hari Tanpa Diskriminasi 1 Maret
‘Joint United Nations Programme on HIV and Aids (UNAiDS) adalah program PBB sebagai pendukung untuk aksi global terhadap epidemik HIV yang cepat, luas, dan terkoordinasi. Pada tahun 2013, Direktur UNAIDS Michel Sidibe mencanangkan Hari Tanpa Diskriminasi setelah terinspirasi dari Hari AIDS Sedunia.

Kemudian, PBB mendukung hal tersebut dengan menyelenggarakan berbagai acara dan merancang kampanye yang merayakan kehidupan manusia dan kebebasan untuk menjalaninya dengan hormat dan bermartabat, tanpa memandang gender, ras, agama, warna kulit, kebangsaan, disabilitas, dan profesi.

Hari Tanpa Diskriminasi diperingati pertama kali pada tanggal 1 Maret 2014. Peringatan ini dirayakan untuk mengakhiri segala bentuk ketidaksetaraan dan diskriminasi, dan hanya dapat dicapai melalui kerja sama dan kontribusi individu, untuk menciptakan gerakan perubahan dan perdamaian. (d.c/Yoga)