Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan Strategi Hadapi Kemacetan Pemudik yang Menuju ke Jakarta dan Saat Arus Balik Lebaran

Jam : 08:25 | oleh -45 Dilihat
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latief Usman
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latief Usman

JAKARTA, ToeNTAS.com., Ditlantas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan beberapa langkah dan strategi untuk mencegah terjadinya penumpukan dan kemacetan kendaraan yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya saat arus balik lebaran,

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada satu juta sekian kendaraan yang keluar,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. Kamis (11/4/2024).

Dilansir dari mediahub polri, Minggu (14/4) Kombes Pol Latif mengatakan persiapan pertama diharapkan pemudik yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur kepulangan dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

Kombes Pol Latif juga mengimbau masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan betul kondisi badan dan siap betul dengan opersional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin atau kendaraan yang kurang siap.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan di simpang susun Cikunir, yang akan menuju ke Jorr Selatan menuju Pondok Indah, lalu Jorr Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota.

Pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional yaitu Tol Cimanggis -Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB sampai 16 April 2024 pada jam 17.00 WIB. Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu Tol Cimanggis -Cibitung. Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan

“Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” tambahnya.

Apabila kondisi Tol Dalam Kota pun masih terjadi penumpukan, petugas telah menyiapkan contra Flow. Dengan begitu kendaraan yang akan menuju daerah Jakarta Barat bisa tetap jalan.

“Kita akan melakukan contraflow yaitu dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” terangnya.

“Ini kesiapan kita dan perlu diketahui masyarakat saya berterima kasih kepada media untuk mensosialisasikan ini karena masyarakat akan tahu jalan mana yang bisa nyaman untuk mereka akan kembali ke Jakarta,” pungkasnya. ,-*(Inge/Rahma/Wo),-