Wagub DKI: Atlet PON Papua Akan Dikarantina 5 Hari di Hotel Grand Cempaka

0
36
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Advertisement

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lokasi isolasi terpadu (isoter) atau karantina bagi atlet kontingen Jakarta untuk PON Papua. Lokasi isoter di Hotel Grand Cempaka di Jakarta Pusat.

“Di Hotel Grand Cempaka,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/10/2021).

Adapun ini merupakan prosedur yang akan dilalui para atlet setiba di Jakarta. Nantinya, para atlet akan menjalani karantina selama 5 hari.

“Karantina ya sesuai ketentuan kan 5 hari,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat meminta pemerintah daerah melakukan isolasi para atlet PON XX Papua di wilayah masing-masing. Hal ini menindaklanjuti munculnya klaster PON. Pemerintah pusat meminta supaya biaya karantina dan tes Corona atlet setiba di kampung halaman juga ditanggung pemerintah daerah.

“Terkait daerah masing-masing diminta untuk menyiapkan isoter di atau isolasi di wilayah atau di daerah masing-masing dan selama 5 hari, dan tentunya akan di-PCR hari pertama dan hari keempat. Kemudian terkait mekanisme kepulangan ini diharapkan biaya tes dan karantina ditanggung oleh pemda dan Satgas COVID daerah,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Senin (11/10).

“Dan ini pemerintah akan melalui satgas COVID akan memperbaiki perubahan revisi SE satgas COVID nomor 19 dan ini akan diberlakukan terkait dengan wajib karantina ini di daerah per tanggal 12 Oktober,” imbuhnya.

Airlangga menerangkan, sejauh ini sudah 30 persen atlet yang kembali ke daerah asal setelah berlaga di PON Papua. Dia mengatakan isolasi harus dilakukan di wilayah masing-masing.

Lebih lanjut, Airlangga menyebut ada 83 orang yang positif Corona selama penyelenggaraan PON Papua. Atlet yang kena Corona sebanyak 72 persen.

“Ofisialnya 23 persen, coach 1,5 persen, wasit 1,5 persen, dan di situ masuk wartawan yang meliput,” kata Airlangga.

Dia mengatakan positivity rate-nya Corona di PON Papua, yakni 1,45 persen. Sebaran atlet kena Corona di Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. (Lea/det.c)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here