2 Pemuda di Jakbar Nekat Curi Spion Mobil demi Narkoba

Jam : 05:33 | oleh -340 Dilihat
Polsek Tambora tangkap 2 pelaku pencurian spion mobil.
Polsek Tambora tangkap 2 pelaku pencurian spion mobil.

Jakarta – Dua pelaku pencurian spion mobil di kawasan Tambora, Jakarta Barat, diringkus polisi. Salah satu pelaku, CH (20), telah melakukan pencurian sebanyak 17 kali.
Satu pelaku lainnya, yakni M, berusia 16 tahun. Keduanya ditangkap pada Senin (15/11) di dua lokasi.

“Dari hasil interogasi kedua tersangka, tersangka mengakui bahwa menjual barang hasil kejahatan berupa spion mobil ke penadah yang berada di Sawah Besar, Jakarta pusat,” ujar Kapolsek Tambora Kompol Faruk di Jakarta Barat, Senin (16/11/2021).

Faruk menjelaskan tersangka berinisial CH telah mencuri spion mobil hingga 17 kali. Sepuluh di antaranya dilakukan di luar Tambora dan sisanya dilakukan di wilayah Tambora.

“Selain itu, CH juga mengaku sudah mencuri 10 HP dan 1 unit roda dua,” sambungnya.

Setelah dicuri, spion tersebut dijual senilai Rp 600 ribu untuk setiap spionnya. Namun, menurut pengakuan kedua tersangka, spion hasil pencurian dijual dengan harga bervariasi tergantung jenis spion mobil yang dicurinya.

Hasil Pencurian untuk Beli Narkoba
Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dari hasil tes urine kedua tersangka didapati ternyata keduanya positif menggunakan narkoba.

“Tersangka dengan inisial M positif ganja dan tersangka dengan inisial CH itu positif sabu atau methamphetamine,” kata Faruk.

Faruk menambahkan hasil menjual spion curian itu digunakan pelaku untuk membeli narkoba.

“Selanjutnya kita dalami, apakah hasil kejahatan itu dipergunakan untuk apa. Dari hasil interogasi bahwa kejahatan itu dipergunakan untuk membeli narkotika dan untuk kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

Dalam penangkapan kedua pelaku, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya rekaman CCTV, satu unit sepeda motor, dan satu unit mobil.

“Untuk perbuatan kedua tersangka, kita kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tutupnya. (Ina/det.c)