Daihatsu Luncurkan Mobil Baru Hari Ini

Jam : 16:57 | oleh -363 Dilihat
Daihatsu Hijet alias Atrai edisi 2021
Daihatsu Hijet alias Atrai edisi 2021

ToeNTAS.com,- Meski tahun akan berganti dalam waktu beberapa hari lagi, namun para pabrikan otomotif masih gencar menghadirkan mobil baru untuk meramaikan pasar otomotif. Seperti yang dilakukan oleh Daihatsu, produsen kendaraan asal Jepang itu pada hari ini baru saja membuka selubung mobil baru mereka yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.

Model baru yang dimaksud adalah Daihatsu Hijet, yang dikenal juga dengan nama Atrai. Perubahan besar dilakukan, setelah sekitar 17 tahun kendaraan ini hanya mendapat penyegaran ringan. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Creative311, Senin 20 Desember 2021, Hijet generasi terbaru dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture atau DNGA, yang sebelumnya sudah diterapkan di Xenia dan Rocky.

Keunggulannya yakni rangka lebih kuat dan ringan, sehingga memberikan pengendalian yang lebih aman serta konsumsi bahan bakar lebih irit. Sama seperti Xenia baru, Hijet yang diperkenalkan secara perdana hari ini juga mengadopsi sistem penggerak roda depan. Alhasil, posisi mesin berubah karena tidak lagi membutuhkan gardan sehingga membuat ruang kabin menjadi lebih lapang.

Desan eksteriornya khas kei car yang menjadi andalan banyak masyarakat Jepang, dan didominasi bentuk kotak. Grille depan berukuran kecil, diapit lampu utama di kiri dan kanan. Sementara itu, lampu rem di sisi belakang ada di bagian bumper. Pada sisi atasnya dipasang sensor untuk membantu pengemudi saat parkir.

Daihatsu Hijet atau Atrai dibekali dengan fitur yang canggih, yang bisa membantu mobil agar terhindar dari risiko kecelakaan. Contohnya yakni sistem pengereman otomatis, pendeteksi blind spot serta peringatan apabila kendaraan keluar dari lajur. Mobil baru ini hadir juga dalam varian kendaraan niaga, baik blind van maupun pikap. Harga yang ditawarkan untuk versi penumpang yakni mulai dari 1,5 jutaan Yen atau setara Rp197 juta. (v.c/Edwin)