Rektor UNINDRA Prof. DR. H. Sumaryoto Sambut Baik Kerjasam BSMI dan UNINDRA

Jam : 07:32 | oleh -531 Dilihat
Rektor UNINDRA Prof. DR. H. Sumaryoto

Jakarta, ToeNTAS.com.,- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan Universitas Indraprasta PGRI menandatangani perjanjian kerjasama pembuatan Jurnal Ilmiah Sosial Kemanusiaan yang digelar secara daring, belum lama ini.

Kerjasama BSMI-Unindra dalam pembuatan jurnal sebagai upaya meningkatkan literasi ilmiah di bidang kemanusiaan. Rektor Unindra Prof Dr Sumaryoto menyambut baik kerjasama BSMI dan Unindra yang bisa membantu kekayaan informasi dan publikasi tentang dunia sosial kemanusiaan dan kesehatan.

Sumaryoto menyebut, BSMI sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang sudah memiliki banyak aktivitas tentu memerlukan mekanisme informasi dan pelaporan terutama kepada masyarakat sehingga kegiatan BSMI bisa diketahui oleh publik secara faktual.

Sebab itu, Unindra bisa membantu BSMI untuk menerbitkan jurnal ilmiah kemanusiaan. Ia menyebut, Unindra memiliki satu unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang sangat berpengalaman dan memiliki staf jajaran fungsional di bidang penelitian.

“Dengan kerjasama Unindra dan BSMI insyaAllah sangat memberikan suatu harapan kita bersama sehingga akan ada simbiosis mutualistik antara Unindra dan BSMI sebagai wujud pengabdian masyarakat kita bermitra dengan BSMI,” ungkap dia.

Sementara BSMI mendapatkan manfaat bimbingan secara ilmiah bagaimana menyusun jurnal dan laporan terkait berbagai macam kegiatan sosial kemanusiaan dan kesehatan.
Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi mengatakan, langkah kerjasama ini merupakan lompatan perkembangan yang sangat baik dan menggembirakan bagi BSMI yang telah beraktivitas sejak 2022.

“Apa yang sudah BSMI kami lakukan sejak 2022 berupa kegiatan kemanusiaan perlu didokumentasikan dalam bentuk jurnal yang secara akademik dapat

dipertanggungjawabkan dan ini merupakan apresiasi bagi seluruh relawan BSMI,” ujar dia.
Rudi mengatakan, BSMI sudah memulai kegiatan penulisan dimulai dengan menerbitkan Majalah tiga sampai empat kali dalam satu tahun, e-Magazine satu bulan sekali, website dan sudah menerbitkan lima buku yang sudah diterbitkan.

“Kita berharap dari berbagai publikasi yang sudah dilakukan BSMI ada masukan dan tambahan di jurnal dan Insha Allah penandatanganan perjanjian kerjasama sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi dunia kemanusiaan,” katanya.

Universitas Indraprasta PGRI atau sering disebut Unindra adalah salah satu universitas swasta di Jakarta, kampusnya berada di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan didirikan oleh Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PGRI.

Unindra merupakan satu-satunya perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta yang berada di bawah naungan organisasi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Unindra secara resmi terbentuk pada tahun 2004 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (cq. Dirjen Dikti Depdiknas) nomor 142/D/O/2004 tanggal 6 September 2004, sebagai pengembangan dari STKIP PGRI Jakarta.

Universitas Indraprasta PGRI sendiri membawahi 4 (empat) fakultas, yaitu:

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Sunting
Informatika (S.Kom.)
Teknik Industri (S.T.)
Arsitektur (S.Ars.)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (FIPPS) Sunting
Bimbingan dan Konseling (S.Pd.)
Pendidikan Ekonomi (S.Pd.)
Pendidikan IPS Sejarah (S.Pd.)
Fakultas Matematika & IPA (FMIPA) Sunting
Pendidikan Matematika (S.Pd.)
Pendidikan Biologi (S.Pd.)
Pendidikan Fisika (S.Pd.)
Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Sunting
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S.Pd.)
Pendidikan Bahasa Inggris (S.Pd)
Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
Fakultas Pascasarjana (FP) Sunting
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Program Studi Magister Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Semua program studi yang diselenggarakan baik S1 maupu S2 telah terakreditasi atau mendapat ijin resmi dari Departemen Pendidikan Nasional (c.q. Dirjen Dikti Depdiknas) dan bahkan telah mendapat penilaian peringkat akreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi). Bahkan beberapa diantaranya mendapat penilaian peringkat akreditasi A (sangat baik), yaitu program studi: Desain komunikasi visual (S1), Pedidikan bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Ekonomi (S1) dan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1). *, – (Inge/Kris), –