Sejumlah Titik Tol Japek Arah Jakarta Macet, Polisi Akan Cairkan di Km 47

Jam : 17:46 | oleh -310 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Sejumlah kemacetan imbas peningkatan volume kendaraan saat arus balik terjadi di beberapa titik di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta siang ini. Polisi menyebut kemacetan terjadi di Km 70 dan Km 64.

wartawan sempat melakukan pemantauan arus balik Lebaran melalui udara bersama Polda Metro Jaya di Tol Jakarta-Cikampek siang ini. Dari hasil pemantauan, memang terlihat beberapa titik kemacetan pada puncak arus mudik hari ini, salah satunya di GT Cikampek Utama.

Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto pun membenarkan adanya titik macet panjang di beberapa lokasi selepas Km 70 Tol Jakarta Cikampek atau GT Cikampek Utama.

“Situasi arus lalin, khususnya dari Cikampek menuju ke Ibu kota maupun dari Jawa Barat, khususnya Bandung menuju ke Ibu Kota. Khusus di Km 70 memang terjadi antrean panjang,” kata Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

Selain itu, pertemuan arus dari Cikampek dan Bandung yang terjadi di Km 64 berdampak padatnya lalu lintas. Ini, kata dia, bahkan berimbas tersendatnya lalu lintas dari GT Cikatama menuju Km 62.

“Kemudian ada pertemuan arus yang dari Cikampek maupun dari Bandung, khususnya di km 64,” kata dia.

Marsudianto mengatakan kemacetan yang terjadi di sana nantinya berpotensi berimbas terhadap lalu lintas tol yang menuju Jakarta. Untuk mengurainya, pihak kepolisian akan mencairkan di Km 47.

“Sejauh ini kami pantau memang ada pengaruhnya, tapi nanti akan kita cairkan lagi khususnya di km 47 karena di situ kan ada elevated, kendaraan bisa melewati atas, di bawah juga tetap kita Lancarkan, jadi nanti tidak ada hambatan,” pungkasnya.

Selain itu, jika nantinya pelonjakan volume kendaraan berimbas ke GT Halim, Marsudianto memastikan pihak kepolisian akan mengurainya dengan membuka Gerbang Tol Cikunir. Dia menyebut pemudik nantinya akan diarahkan untuk menggunakan jalur alternatif jika terjadi kepadatan hingga ke Halim.

“Kami sudah menyiapkan prosedur dan kami sosialisasikan untuk menggunakan juga jalur jalur alternatif apabila memang di jalur tol ini terjadi kepadatan, kami nanti akan buka. Baik dari halim maupun dari Cikunir untuk membuka arus yang mau masuk ke Ibu kota sehingga tidak terjadi penumpukan semuanya harus ke Halim, bisa melalui Cikunir juga,” pungkasnya.

One Way Arah Jakarta Dimulai
Untuk diketahui, rekayasa lalu lintas one way arus balik dari Tol Kalikangkung Km 414 ke Tol Cikampek Km 47 telah dimulai siang ini. Arus lalu lintas (lalin) menuju Jakarta ramai lancar.

Pantauan detikcom di ruas Tol Cikampek Km 73, Jumat (6/5/2022), sekitar pukul 14.05 WIB, dua lajur kendaraan telah diprioritaskan untuk kendaraan menuju arah Jakarta. Kendaraan yang berasal dari arah Semarang ke Jakarta terus berdatangan.

Kondisi lalu lintas di lokasi tampak lancar. Kendaraan pun terpantau bisa melaju dengan kecepatan relatif tinggi. (det/Adi)