Ketua RT di Depok Curhat Bingung Urus Sampah Numpuk di Dekat Situ Rawa Besar

Jam : 22:07 | oleh -179 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Depok, ToeNTAS.com,- Tumpukan sampah di kawasan Situ Rawa Besar, Lio, Pancoran Mas, Depok, viral. Ketua RT setempat mengaku bingung bagaimana cara mengurus sampah dari warga setempat.

Ketua RT 03 RW 13, Muhasan, mengatakan awalnya tumpukan sampah itu merupakan tempat penampungan sementara yang dibangun pada April 2022. Dia menyebut tempat itu dibuat karena tempat pembuangan sebelumnya ditutup oleh pemilik tanah.

“Kami bingung mau buang ke mana. Kami tunggu dari pihak kelurahan, sampai saat ini nggak ada berita. Makanya kami buat penampungan sementara. Tapi baru satu kali saja diangkut, itu pun hanya satu truk jumlahnya,” kata Muhasan kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Muhasan mengatakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok kemudian memerintahkan dia untuk membongkar tempat penampungan sampah itu. Namun, Muhasan mengaku tak ada solusi apa pun terkait di mana dia dan warga harus membuang sampah.

“Beberapa hari kami bangun pelbak (bak sampah), barulah keluar surat (dinas). Tanpa kami diberi solusi ke mana harus buang sampah warga kami,” ujarnya.

Akhirnya, warga di RW 13 masih membuang sampah ke lokasi tersebut hingga menumpuk dan viral. Muhasan meminta solusi pengangkutan sampah dari Kelurahan dan dinas terkait.

“Tukang sampahnya sulit untuk buang dan pemungutan sampah dari warga agak tersendat. Sampai saat ini tidak ada (saran pindah lokasi),” ujarnya.

Berdasarkan surat yang dilihat detikcom, DLHK Kota Depok meminta Lurah membongkar pembangunan TPS di Situ Rawa Besar. Ada tiga pertimbangan dalam surat yang diteken per 8 April 2022 tersebut.

“Pertama, bangunan TPS berada pada garis sepadan setu, kedua bangunan TPS merusak sarana taman dan lingkungan situ yang sudah tertata baik. Ketiga, akses menuju TPS sempit sehingga menyulitkan armada untuk mengangkut sampah pada TPS,” demikian isi surat dari DLHK Depok. (det/Oki)