3 Cara Mengecilkan Paha dan Betis, Jenjang Maksimal Tapi Tetap Berotot

Jam : 08:04 | oleh -95 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ada banyak cara mengecilkan paha dan betis, tapi tak semua aman karena mengorbankan massa otot. Ada banyak cara alternatif untuk mendapatkan kaki jenjang maksimal yang tidak harus membahayakan kesehatan.

Beberapa orang terkadang merasa tidak percaya diri lantaran paha dan betisnya terlihat besar. Hal itulah yang membuat beberapa orang mencari cara mengecilkan paha dan betis yang efektif, seperti olahraga.

Pada dasarnya, tubuh yang ideal dapat diperoleh melalui olahraga dan latihan yang rutin. Selain dapat membentuk betis dan paha, olahraga secara rutin juga memberi manfaat yang banyak bagi kesehatan.

Cara Mengecilkan Paha dan Betis
Dikutip dari Healthline, berikut terdapat beberapa cara mengecilkan paha dan betis yang dinilai efektif. Cara berikut harus dilakukan secara serius dan konsisten.

1. Bersepeda
Langkah pertama untuk membakar lemak tubuh secara keseluruhan adalah dengan melakukan aerobik. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan seseorang untuk melakukan latihan aerobik selama 150 menit setiap minggunya.

Salah satu latihan aerobik yang baik untuk kaki adalah bersepeda. Mulailah bersepeda dengan intensitas rendah, hal itu dilakukan agar lutut tidak tegang. Bersepeda juga meningkatkan daya tahan otot pada area tubuh berikut:

Betis
Paha belakang
Otot pantat
Paha depan

Olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan sepeda statis sebagai cara mengecilkan paha dan betis. Namun, lebih baik untuk bersepeda di luar ruangan, sehingga bisa menghirup udara segar yang bisa menghilangkan stres.

2. Latihan Otot
Cara mengecilkan paha dan betis berikutnya, seseorang juga harus melatih ototnya agar area tersebut menjadi lebih kencang. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan latihan beban.

Pergi ke gym adalah hal yang mungkin untuk melatih otot paha dan betis agar lebih kencang. Namun, melatih otot tersebut juga bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat khusus.

Lunges adalah salah satu latihan yang efektif untuk mengencangkan otot area paha dan betis secara bersamaan. Selain hasilnya efektif, lunges juga cukup mudah untuk dilakukan.

Cara melakukannya:
Pertama, berdiri tegak dengan tangan diletakkan di bagian pinggul.
Langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk di bagian lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.
Tekan berat badan ke tumit, kemudian tekan kembali ke posisi sebelumnya.
Lakukan beberapa pengulangan, dan ganti kaki.
Latihan lain yang bisa dicoba untuk mengencangkan otot paha dan betis adalah calf raises, leg lifts, dan squats.

3. Mengurangi Asupan Kalori
Tak cukup dengan berolahraga, seseorang juga harus mengurangi asupan kalori harian agar lemak di tubuhnya lebih cepat berkurang. Lakukan program defisit kalori, yang berarti jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang keluar.

Menghitung jumlah kebutuhan kalori harian penting dilakukan, karena itu bisa menjadi batas maksimal asupan kalori setiap harinya. Kurangi asupan kalori harian secara bertahap, dan tidak disarankan untuk menguranginya terlalu banyak.

Tak cukup sampai di sana, usahakan makanan yang dikonsumsi juga bukan makanan olahan. Makanan olahan biasanya mengandung beberapa tambahan zat lain yang dapat mengganggu program yang telah direncanakan.

Itulah tiga cara mengecilkan paha dan betis yang efektif. Lakukan hal tersebut secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. (Mirza)