9 Cara Jadi Ibu Rumah Tangga yang Baik untuk Keluargamu

Jam : 22:37 | oleh -85 Dilihat
Ibu Rumah Tangga yang Baik
Ibu Rumah Tangga yang Baik

Menjadi ibu rumah tangga yang baik itu artinya kamu harus bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anakmu sekaligus istri yang baik untuk suamimu. Hmm.. sepertinya bukan tugas yang ringan, ya.

Yup, siapa bilang jadi ibu rumah tangga yang baik itu mudah? Tapi, bukan berarti itu nggak bisa kamu lakukan, dong. Kalau kamu ingin bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik untuk anak-anak dan suamimu, coba ikuti 9 cara dari Popbela ini.

1. Berhenti mencoba untuk jadi sempurna

Ingat, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kamu sebagai manusia pasti banyak kurangnya, tapi bukan berarti nggak bisa menonjolkan kelebihan yang dipunya. Nggak perlu berjuang setiap hari untuk jadi ibu rumah tangga yang sempurna, tapi cukup jadi yang terbaik untuk keluargamu.

2. Kamu harus merasa bahagia

Bukan berarti kamu nggak boleh merasa sedih, ya. Tapi, kebahagiaan itu menular sehingga saat kamu bahagia, suami dan anak-anak juga ikut bahagia. Cara terbaik untuk bahagia adalah mencintai diri sendiri apa adanya, melakukan semua hal yang kamu sukai yang membuat bahagia, dan kemudian selalu bersikap positif.

3. Jadi ibu yang bisa diandalkan anak-anak

Kebanyakan anak-anak lebih dekat dengan ibunya, maka kamu harus bisa menjadi ibu yang diandalkan oleh mereka. Salah satu kualitas ibu dan istri yang baik adalah kemampuan untuk membesarkan anak-anak yang penuh hormat, jujur, penuh kasih, serta memiliki nilai dan rasa hormat yang baik kepada orangtua dan orang yang lebih tua.

4. Belajar untuk selalu bersenang-senang

Nggak mungkin kamu selalu mengalami hari yang menyenangkan, baik sebagai istri ataupun ibu. Tapi, jangan fokus terhadap hal-hal negatif yang terjadi. Lakukan hal-hal kecil yang tetap bisa membuatmu bersenang-senang. Jika perlu, ajak anak dan suami saat melakukannya sehingga kalian bisa bersenang-senang sekeluarga.

5. Berusaha untuk selalu jujur

Kejujuran adalah landasan untuk hubungan yang sukses. Nggak ada pernikahan yang bisa bertahan lama tanpa komunikasi yang terbuka dan kejujuran. Sikapmu yang jujur juga bisa menjadi role model yang baik untuk anak-anakmu sedari kecil.

6. Selalu pupuk rasa cinta kepada suami

Kalau kamu ingin menjadi istri dan ibu yang baik, kamu bisa mencintai suami tanpa syarat dan terus memupuknya. Jangan menunggu sampai suami minta diperhatikan atau memperlihatkan kasih sayangnya terlebih dahulu padamu. Rasa cinta pada suami juga menjadi modal besar untuk memiliki keluarga yang bahagia.

7. Kamu harus jadi suporter no.1 bagi suami

Istri yang baik adalah istri yang tahu bagaimana mendukung suami, baik itu karier, hobi, dan passion yang dimilikinya. Mendampingi pasangan dalam pernikahan bukan hanya mendampinginya saat sedang dalam masalah atau masa sulit, tapi juga menyemangatinya dan memberikan pujian ketika ada pencapaian.

8. Jadi pendengar yang baik

Baik kepada suami atau anak-anak, seorang ibu rumah tangga yang baik juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Nggak mendengarkan dengan baik apa yang diinginkan suami dan anak-anak, bisa menimbulkan masalah yang bukan nggak mungkin berpengaruh ke seluruh keluarga.

9. Miliki hubungan baik dengan keluarga suami

Keluargamu nggak akan pernah terasa lengkap kalau kamu belum direstui atau memiliki hubungan yang dingin dengan keluarga suami. Biar bagaimanapun, suami seharusnya tetap berhubungan baik dengan orangtuanya dan anak-anakmu juga bisa mendapatkan kasih sayang utuh dari kakek-neneknya. Dengan memiliki hubungan baik dengan keluarga suami, kamu semakin melengkapi peran menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Itulah beberapa cara menjadi ibu rumah tangga yang baik. Semoga kamu bisa selalu bahagia, baik itu menjadi ibu rumah tangga maupun ibu berkarier.