11 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Luas, Mudah dan Simpel

Jam : 23:08 | oleh -184 Dilihat
Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi
Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Jakarta, ToeNTAS.COM,- Gagasan menjalani hidup sederhana dengan sedikit barang terdengar menarik bagi banyak orang, apalagi jika Anda bisa menerapkannya di rumah kecil tercinta.

Namun, sering kali menata barang di rumah berukuran kecil jauh lebih rumit dibandingkan rumah berukuran besar.

Bahkan salah memilih ukuran furnitur, warna cat dinding, hingga pernak-pernik lainnya akan membuat rumah menjadi semakin sempit.

Lantas, bagaimana cara menata rumah kecil biar rapi dan nyaman untuk ditinggali? Berikut beberapa tips pengorganisasian terbaik yang bisa Anda coba.

Karena tema artikel ini menata hunian dengan ukuran yang kecil, maka kami berikan cara penataan hunian pada sejumlah ruangan, seperti ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Ganti Jendela Kuno dengan Jendela Kaca yang Besar

Di beberapa denah rumah sederhana seperti tipe 21 sampai tipe 60, ruang tamu dan ruang keluarga dibuat tanpa sekat, atau menyatu dengan penerapan open space.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ruang lebih luas meskipun ukurannya yang terbatas.

Cara lain yang bisa membuat ruang keluarga jadi lebih lega, ialah mengganti jendela kecil Anda dengan ukuran yang lebih besar.

Peranan jendela sangat penting untuk menyuplai cahaya matahari masuk lebih banyak, serta membuat area tersebut jadi terang.

Selain itu, jendela menjadi salah satu ventilasi alami yang akan menghasilkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Agar hunian tidak pengap, tambahkan beberapa tanaman indoor yang akan mempercantik hunian sekaligus menyaring udara segar.

Kedua cara di atas bisa Anda dapatkan pada salah satu rumah dijual di Bandung, yakni kawasan perumahan.

Pilih Karpet Berukuran Sedang

Jika Anda ingin menata ruang keluarga kecil dengan tema tertentu, maka karpet bisa memengaruhi tampilan keseluruhan ruangan.

Untuk tema minimalis, karpet yang digunakan harusnya memiliki warna netral, berukuran sedang, serta mudah dibersihkan.