Alun-alun Kota Depok di Sawangan Dibangun Tahun Depan, Pemkot Anggarkan Rp 60 Miliar

Jam : 14:52 | oleh -54 Dilihat
Alun-alun Kota Depok
Alun-alun Kota Depok

DEPOK, ToeNTAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membangun alun-alun di wilayah barat atau di kawasan Situ Tujuh Muara, Sawangan, Bojongsari, Depok pada tahun 2023.

Diketahui, rencana pembangunan alun-alun itu memang sudah disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi Situ Tujuh Muara pada Februari 2022 lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengaku rencana pembangunan itu telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

“Alun-alun barat itu tahun depan dibangun dan sudah dianggarkan dalam APBD 2023 di Setu Tujuh Muara,” kata Dadang di Balai Kota Depok, Jumat (30/9/2022).

Dadang menuturkan, Pemkot Depok menggelontorkan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk pembangunan alun-alun tersebut. “Sesuai dengan DED-nya kita alokasikan lebih kurang 60 miliar, memang besar tapi itu pun mungkin belum tuntas karena memang bertahap,” ujar dia. Berkaitan dengan pembangunan Alun-alun Barat itu, kata Dadang, sebagai salah satu upaya pemerataan pembangunan di berbagai wilayah. “Prinsipnya adalah pemerataan pembangunan,” kata Dadang.

Dikutip dari Kompas.TV, perancang desain pembuatan alun-alun di wilayah barat itu sebelumnya akan digarap oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. “Insya Allah saya akan ikut mendesain menjadikan Depok kota yang nyaman, manusiawi dan sejuk,” kata Ridwan Kamil saat menyambangi Situ Tujuh Muara, Senin (14/2/2022).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Kang Emil ini menuturkan pelaksanaan pembuatan alun-alun dapat menggunakan anggaran rutin tahunan. Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti terkait anggaran pembangunan alun-alun wilayah barat Kota Depok.

“Apakah biayanya akan sedang saja atau tinggi, dan sebagainya nanti dilihat,” ucap Kang Emil. Lebih lanjut, Kang Emil menyebut nantinya, pembangunan alun-alun wilayah barat ini sistemnya bisa seperti Underpass Jalan Dewi Sartika yang merupakan kolaborasi antara Pemkot Depok dan Pemprov Jabar.

“Apakah nanti dananya kombinasi seperti Jalan Dewi Sartika, atau gimana nanti dilihat karena kan rencananya belum dimulai. Jadi nanti bisa dikoordinasikan,” kata Kang Emil.

Di sisi lain, meski belum bisa memastikan tanggal pastinya terkait pembangunan alun-alun tersebut, Kang Emil memastikan bahwa perencanaannya akan dibuat pada tahun ini. “Tahun ini mungkin perencanaan dan pada 2023 dibangun,” ujarnya.

Diketahui, pembangunan alun-alun di wilayah barat ini untuk melengkapi fasilitas publik Kota Depok setelah sebelumnya sudah ada alun-alun di wilayah timur.(komp.c/wara)