Wakil 48 Negara Walk Out saat Rusia Naik Panggung di Konferensi UNESCO

Jam : 14:43 | oleh -68 Dilihat
UNESCO
UNESCO

Jakarta, ToeNTAS.com, – Perwakilan dari banyak negara mendadak keluar dari ruangan alias walk out saat wakil Rusia naik ke panggung konferensi budaya internasional UNESCO.
Lusinan peserta bangkit dan meninggalkan auditorium ketika delegasi Rusia Sergey Obryvalin berbicara dalam konferensi tersebut, menolak kritik sebagai “tidak dapat diterima.”

Boikot ini terjadi saat sesi terakhir konferensi dunia tentang kebijakan budaya dan pembangunan berkelanjutan dari Unesco di Meksiko.

Dalam sebuah pernyatan, Menteri Kebudayaan Lithuania Simonas Kairys mengecap agresi ilegal dan tak dapat dibenarkan dari Moskow terhadap Ukraina. Pernyataan ini mengatasnamakan 48 negara.

Kairys mengatakan pada pertemuan itu bahwa UNESCO telah memverifikasi kerusakan pada setidaknya 193 situs budaya Ukraina sejak invasi Rusia, termasuk museum, perpustakaan, pusat budaya dan bangunan bersejarah.

Dalam konferensi tersebut, UNESCO menyerukan berbagai peraturan substansial sektor digital, terutama platform utama, untuk kepentingan keragaman budaya online, hak kekayaan intelektual seniman dan akses yang adil ke konten untuk semua.

Pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan perang melawan perdagangan gelap barang-barang budaya dan mengimbau para pedagang seni untuk tidak menawarkan benda-benda yang asalnya tidak terbukti untuk dijual.

UNESCO mengumumkan penciptaan, bekerja sama dengan Interpol, dari museum virtual kekayaan budaya curian.(cnn/wara).