BPOM Temukan 41 Obat Tradisional Berbahan Kimia Obat, Ini Daftarnya

Jam : 23:04 | oleh -138 Dilihat
Tangkapan Layar Daftar Obat Tradisional Berbahan Kimia Obat
Tangkapan Layar Daftar Obat Tradisional Berbahan Kimia Obat

Jakarta, ToeNTAS.com, – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 41 obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat (BKO). Temuan tersebut berdasarkan sampling dan pengujian selama Oktober 2021 sampai Agustus 2022.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Reri Indriani menyampaikan, penambahan BKO masih didominasi Sildenafil Sitrat pada produk obat tradisional dengan klaim penambah stamina pria.

Kemudian, BKO Deksametason, Fenilbutazon, dan Parasetamol pada produk obat tradisional untuk mengatasi pegal linu.  “Disusul obat tradisional mengandung BKO Efedrin dan Pseudoefedrin HCl dengan klaim yang digunakan secara tidak tepat untuk penyembuhan dan pencegahan pada masa pandemi Covid-19,” tutur Reri kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Berisiko bagi kesehatan Reri mengatakan, kandungan BKO pada obat tradisional sangat berisiko bagi kesehatan. Misalnya, penambahan Sildenafil Sitrat bisa menimbulkan efek samping seperti kehilangan penglihatan dan pendengaran, nyeri dada, pusing, pembengkakan (mulut, bibir, dan wajah), stroke, serangan jantung, bahkan kematian.