6 Manfaat Minum Teh Hangat Setiap Pagi Hari, Khasiatnya Bukan Kaleng-kaleng!

Jam : 07:45 | oleh -37 Dilihat
ilustrasi teh hangat
ilustrasi teh hangat

Jakarta, ToeNTAS.com,- Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang-orang di seluruh dunia. Selain punya rasa dan aroma yang nikmat, teh juga mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Teh pun dapat dikonsumsi kapan saja, baik saat makan ataupun sedang bersantai. Tapi umumnya, teh kerap dikonsumsi di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Bahkan bagi sebagian orang, minum teh hangat di pagi hari sudah jadi ‘ritual’ yang tidak bisa dihilangkan.

Lalu, khasiat apa saja yang bisa didapat dengan mengonsumsi teh hangat setiap pagi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat teh hangat yang sayang untuk dilewatkan.

1. Meningkatkan Fokus dan Fungsi Kognitif
Tidak heran jika banyak orang gemar mengonsumsi teh hangat di pagi hari sebelum beraktivitas. Dikutip dari Eat This, mengonsumsi teh, khususnya teh hijau, dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif.

“Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang bersinergi dengan kafein untuk memberikan peningkatan energi yang lebih besar, meningkatkan kewaspadaan, dan fungsi kognitif,” ujar pakar diet dari Balance One Supplements, Tria Best.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, mengonsumsi teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi dari risiko kanker kulit. Disarankan untuk mengonsumsi teh hitam hangat ketimbang sebagai es teh agar manfaat kesehatan yang dirasakan semakin lebih besar.

3. Memelihara Kesehatan Jantung
Beberapa jenis teh, seperti teh hitam atau teh hijau, dapat mengatasi faktor-faktor risiko penyakit jantung. Pakar diet Amy Goodson mengungkapkan teh memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat atau LDL. Keduanya merupakan faktor yang paling sering memicu terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, kandungan katekin yang ada pada teh juga dapat mengendorkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah. Alhasil, tekanan pada jantung berkurang dan beban kerjanya menjadi lebih ringan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Mengonsumsi teh hitam hangat tanpa gula juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, teh hitam juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses gula darah.

Penelitian juga menunjukkan teh hitam dapat membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Khasiat tersebutlah yang membuat minuman ini bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Menurunkan Berat Badan
Teh merupakan minuman yang hampir tidak mengandung kalori. Kandungan di dalam teh dapat menghambat penyerapan lemak, dan membantu membakar lebih banyak lemak saat berolahraga. Karenanya, minuman ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Tapi ingat, jangan menambahkan terlalu banyak gula atau susu ke dalam teh karena justru bisa menimbulkan efek sebaliknya.

6. Melawan Efek Radikal Bebas
Beragam jenis teh, seperti teh hijau, hitam, putih, dan oolong, mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan efek radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul hasil proses pembakaran yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh, hingga memicu kanker.

Kandungan antioksidan dalam teh inilah yang dinilai mampu melawan efek radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan. (d.c/Yudho)