Penampakan Koin Rupiah yang Pernah Dipakai Piala Dunia: Gambar Macan Jawa

Jam : 11:24 | oleh -264 Dilihat
koin Rp.2.000 Tahun Emisi 1974
koin Rp.2.000 Tahun Emisi 1974

Jakarta, ToeNTAS.com,- Uang koin Indonesia ternyata pernah digunakan dalam perhelatan final Piala Dunia 1974 saat tuan rumah Jerman Barat melawan Belanda. Saat itu uang koin kuno pecahan Rp 2.000 digunakan untuk mengundi kesebelasan yang memperoleh bola pertama kali.

Koin pecahan Rp 2.000 yang dikeluarkan pada 1974 itu memiliki gambar yang menarik di kedua sisinya, yaitu gambar Macan Jawa di bagian depan dan gambar Garuda dengan teks Bank Indonesia di bagian belakang.

Secara spesifik, pada bagian depan koin terdapat gambar macan jawa yang bagian tubuhnya condong menghadap ke kiri tengah menoleh ke belakang (arah kanan). Selain itu disekitar tubuhnya terdapat rerumputan dan di bawahnya tertera nominal uang sebesar Rp 2.000.

Di sisi lain, pada bagian belakang koin rupiah kuno ini terdapat gambar Garuda Pancasila dan di atasnya tertulis Bank Indonesia beserta tahun emisinya, yakni 1974.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Museum Bank Indonesia (MuBI), koin pecahan Rp 2.000 ini dibuat dengan ukuran diameter 38,61 milimeter dan berbobot 25,31 gram, kandungan peraknya 50%.

Meski demikian uang ini tidak dicetak langsung oleh Bank Indonesia. untuk pencetakannya BI melibatkan Royal Mint, sebuah perusahaan percetakan koin dan medali Kerajaan Inggris yang saat itu digadang-gadang sebagai perusahaan percetakan koin dan medali terbaik di dunia.

Sebagai informasi, uang koin Rp 2.000 ini berhasil di buat dibuat khusus berkat adanya kerja sama antara Bank Indonesia dengan Lembaga Konservasi Dunia (IUCN) dan Lembaga Konservasi Alam (WWF).

Karena hal itulah uang koin rupiah kuno Macan Jawa ini diterbitkan dalam seri khusus cagar alam bersamaan dengan beberapa koin lainnya. (d.c/Arif)