Abraham Samad Bikin Aplikasi Cek Pemilu, Deteksi Reputasi Capres Cawapres

Jam : 16:40 | oleh -96 Dilihat
Abraham Samad
Abraham Samad

Jakarta, ToeNTAS.com,- Mantan Ketua KPK Abraham Samad bersama Mantan Spesialis Apgakum Kedeputian Bidang Informasi dan Data KPK Sutarno Bintoro membuat aplikasi Cek Pemilu 2024. Aplikasi itu dapat mendeteksi track record dan reputasi Caleg, Capres maupun Cawapres.

“Aplikasi ini bisa mendeteksi lebih awal tentang track record dan reputasi caleg maupun capres dan cawapres 2024,” kata Abraham Samad kepada wartawan, di 18 Office Park, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (20/12/2022).

Abraham mengatakan dia bersama Sutarno Bintoro dan Syahrul Mubarak selaku founder aplikasi Cek Pemilu 2024 mendedikasikan aplikasi tersebut untuk membantu penyelenggara negara mendukung demokrasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi platform aplikasi ini kami sumbangkan dedikasikan untuk membatu penyelenggara negara di dalam menyelenggarakan pesta demokrasi kita,” kata Abraham.

Abraham mengatakan awalnya ia bersama rekannya mendedikasikan aplikasi tersebut tidak hanya ke lembaga negara namun juga dapat diakses publik. Namun, adanya UU Perlindungan Data Diri (PDP) ia bersama rekannya mengulurkan akses tersebut sementara hanya untuk penyelenggara negara.

“Sebenarnya awalnya kita ingin mendedikasikan secara luas dan langsung ke publik. Karena UU PDP maka kita perlu adanya pertanggungjawaban secara institusi oleh karena itu untuk sementara kita hanya memberikan kepada penyelenggara pemilu,” imbuh Abraham.

Abraham mengatakan tujuannya membuat aplikasi tersebut agar pemilu 2024 berintegritas sepanjang masa. Abraham juga menjelaskan aplikasi tersebut guna mendeteksi caleg seusai pemilu agar tidak meninggalkan catatan buruk.

“Karena kita ingin pemilu 2024 nanti menjadi pemilu yang berintegritas sepanjang masa karena kita sudah banyak pengalaman di masa lalu ternyata setiap selesai pemilu meninggalkan catatan-catatan buruk yang kurang sedap bagi demokrasi kita,” tutup Abraham. (d.c/Vira)