Berdiri di Atas Tebing, Rumah Warga Paledang Bogor Rusak Terbawa Longsor

Jam : 16:49 | oleh -100 Dilihat
Rumah warga Paledang, Bogor, rusak karena terbawa longsor
Rumah warga Paledang, Bogor, rusak karena terbawa longsor

Jakarta, ToeNTAS.com,- Tebing setinggi 8 meter longsor hingga merusak bagian belakang rumah warga Kelurahan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun penghuni rumah diungsikan sementara.

“Terjadi longsor di Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, mengakibatkan sebagian rumah terbawa longsor. Tidak ada korban jiwa,” kata Kepala BPBD Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas kepada wartawan, Selasa (20/12/2022).

Theofilo mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, pagi tadi. Longsor diduga terjadi akibat kondisi tanah pada tebing yang labil dan tidak kuat menahan beban bangunan rumah yang berdiri di atasnya.

“Tanah longsor terjadi akibat kondisi tanah yang labil. Kejadian tidak sedang dalam kondisi hujan. Jadi posisi rumah berada di area tebingan,” ucap Theofilo.

Kejadian tersebut mengakibatkan bagian belakang rumah milik warga terbawa longsor. Penghuni rumah kini telah dievakuasi untuk sementara mengungsi.

“Kejadian ini menyebabkan rumah pada bagian kamar dan dapur terbawa longsoran dengan panjang 5 meter dan lebar 5 meter. Rumah yang rusak atas nama Bapak Bunyamin, dihuni 1 kepala keluarga, 6 jiwa,” ujarnya.

“Untuk sementara pemilik rumah diungsikan, hasil asesmen pemilik rumah membutuhkan alat tidur, alat dapur, dan sembako, sudah dikoordinasikan,” imbuhnya. (d.c/Egi)