PDIP DKI Harap Proyek MRT Cikarang-Balaraja Bisa Atasi Macet

Jam : 08:56 | oleh -272 Dilihat
Gembong Warsono
Gembong Warsono

Jakarta, ToeNTAS.com,- Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mendukung pembangunan MRT fase III Cikarang-Jakarta-Balaraja. PDIP berharap pengembangan transportasi publik ini dapat mengurai kemacetan di Jakarta.

“Baguslah, akhirnya terkoneksi moda transportasi mulai dari pinggiran Jakarta masuk ke pusat Kota Jakarta. Sehingga harapan ke depan apa yang menjadi kendala saat ini yaitu kemacetan saya kira akan terurai ketika transportasi publiknya sudah maksimal,” kata Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono kepada wartawan, Sabtu (18/2/2023).

Gembong menyebut adanya MRT ke Tangerang dan Bekasi itu membuat terintegrasinya transportasi dengan Jakarta. Hal itu, menurut Gembong, akan mampu mengatasi macet.

“Kalau penyangga Jakarta sudah terintegrasi dengan moda transportasi massal seperti itu ke depan macet bisa kita atasi,” sebut dia.

Hal yang menjadi persoalan di Ibu Kota kini, kata Gembong, adalah masalah kemacetan. Sebab, kata dia, warga di daerah penyangga banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja di Jakarta.

“Cacatannya apresiasi, karena memang persoalan utama kita dalam konteks kemacetan Jakarta adalah bahwa Jakarta dikepung oleh daerah penyangga, maka ketika daerah penyangga sudah terkoneksi dengan transportasi massal seperti MRT, LRT dan lain sebagainya saya yakin persoalan kemacetan bisa kita atasi bersama,” sebut dia.

“Dalam konteks rencana kerjasama yang dibangun Pemprov DKI Jakarta dengan Pemprov Jawa Barat untuk mewujudkan pembangunan MRT saya kira langkah yang positif,” imbuhnya.

Proyek MRT Cikarang-Jakarta-Balaraja
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menandatangani MoU dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto soal pembangunan MRT Bekasi-Jakarta-Balaraja. MRT tersebut mulai dibangun 2024.

“Transportasi berbasis kereta api yaitu MRT. Untuk siapa? Untuk semua. Saya menunjukkan kepada Gubernur Jawa Barat ya sudah ini ke Bapak. Supaya ini cepat kita komitmen di 2024 insyaallah sudah mulai pembangunan,” kata Heru di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/2/2023).

“Sekali lagi itu untuk siapa? Untuk Pemda DKI, Jawa Barat dan Kota Bekasi dan seluruh masyarakat yang memang membutuhkan MRT atau perkeretapian ini yang harus segera kita atasi,” lanjutnya. (d.c/Anggi)