Ini 4 Kebiasaan Makan dan Minum yang Bikin Perut Buncit

Jam : 07:37 | oleh -252 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Beberapa kebiasaan makan dan minum ini ternyata diam-diam dapat menimbun lemak di perut. Apalagi jika dilakukan saat malam hari. Hindari 4 kebiasaan ini!

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan makan dan minum masing-masing. Sebagian menyukai makan dengan pola yang sehat, tak jarang juga yang buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari Eat This (18/5), beberapa kebiasaan makan dan minum yang dilakukan malam hari ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Patut dihindari kalau sedang melakukan diet, karena ternyata kebiasaan tersebut diam-diam menimbun lemak di perut.

Berikut 4 kebiasaan makan dan minum yang bisa membuat perut buncit.
1. Minum Susu Sebelum Tidur
Kebiasaan minum susu sebelum tidur kerap dilakukan sebagaian orang. Mereka menikmati susu hangat sebelumnya untuk membantu tidur dengan cepat dan pulas.

Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak triptofan, asam amino yang membantu tubuh rileks. Namun, susu juga memiliki sisi buruk di mana kalori yang terkandung dapat membuat lingkar pinggang melebar.

The Nutrition Twins menjelaskan, “Jika minum susu adalah kebiasaan malam baru, minum susu sebelum tidur setiap malam tidak mengubah apapun dalam diet. Berat badan akan bertambah 5,4 kilogram selama 6 bulan. Lemak perut akan langsung terlihat.”

2. Minum Kopi Malam Hari
Minum kopi pada malam hari juga sebaiknya dihindari. Kopi diketahui mengandung kafein yang tak baik dikonsumsi malam hari, karena dapat membuat tubuh berenergi dan berujung mengganggu tidur.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur dapat membuat tidur tak nyenyak. Tak hanya itu, tapi juga menambah berat badan.

Harvard Health Publishing melaporkan bahwa kekurangan tidur berhubungan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin. Hormon tersebut menimbulkan rasa lapar berlebihan dan berkontribusi menambah berat badan.

3. Ngemil Tengah Malam

Kebiasaan makan dan minum yang dapat memicu perut buncit Foto: Getty Images/iStockphoto
Kebiasaan makan satu ini kerap dilakukan sebagian orang yang suka begadang atau tidur larut malam, yaitu ngemil. Makanan yang dikonsumsi biasanya makanan cepat saji yang kandungan lemaknya berlebih.
Begadang menonton film favorit memang membuat ketagihan, apalagi ditemani oleh camilan. Menurut sebuah penelitian, menonton televisi sambil makan berkaitan dengan pola makan yang buruk.

4. Waktu Makan Terlalu Dekat dengan Tidur
Waktu makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur adalah larangan utama. Idealnya, makan malam terakhir itu 3 jam atau lebih sebelum tidur.

The Nutrition Twins menjelaskan kalau saat tidur sistem pencernaan tentunya berhenti. Sehingga, makanan yang telah dikonsumsi berdekatan dengan waktu tidur itu tak bisa dicerna. Hasilnya, makanan tersebut berubah menjadi lemak perut.

Penelitian mengungkapkan bahwa makan terlalu larut mengacaukan ritme sirkadian yang berdampak negatif pada pengaturan gula darah dan metabolisme lemak. Selain itu, mengonsumsi makanan besar yang mendekati waktu tidur dapat memicu mulas dan gangguan pencernaan. (Shinta)