5 Fakta Kecelakaan Maut di Tol Karawaci Tewaskan WN China

Jam : 07:40 | oleh -253 Dilihat
Kecelakaan bus tewaskan WN China di Tol Karawaci
Kecelakaan bus tewaskan WN China di Tol Karawaci

Tangerang, ToeNTAS.com,- Kecelakaan maut terjadi di Km 15+100 Tol Karawaci arah Jakarta. Kecelakaan tersebut menewaskan seorang penumpang.

Kecelakaan melibatkan bus bernopol B-7219-BDA itu terjadi pada Sabtu (3/6/2023) sekitar pukul 13.46 WIB. Kecelakaan mengakibatkan pria asal China, Chen Dong Sheng.

Berikut fakta-fakta kecelakaan maut di Tol Karawaci yang dikutip Wartawan, Minggu (4/6/2023):

Penumpang Tewas Terlempar
Kepala Induk Tol Jakarta-Tangerang Kompol Suwito mengatakan kecelakaan tersebut menewaskan penumpangnya, seorang warga negara China bernama Chen Dong Sheng. Korban terlempar keluar hingga tewas.

“Korban meninggal dunia atas nama Mr Chen Dong Sheng, kewarganegaraan China,” kata Suwito saat dihubungi, Sabtu (3/6/2023).

Kecelakaan tersebut viral di media sosial. Dari video yang beredar, terlihat sepihan kaca akibat kecelakaan.

Postingan video viral juga memperlihatkan seorang korban tergeletak di tengah jalan tol dalam kondisi bersimbah darah.

Sopir Luka Berat
Selain korban tewas, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan satu orang lainnya luka berat. Korban adalah pengemudi mobil bernama Irpan.

“Korban luka berat atas nama Irpan (pengemudi),” imbuh Suwito.

Sopir Diduga Mengantuk

Suwito mengungkapkan penyebab kecelakaan tersebut diduga karena sopir mengantuk. Bus kemudian menabrak truk di depannya.

“Diduga pengemudi mengantuk,” kata Kepala Induk Tol Jakarta-Tangerang Kompol Suwito dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (3/6/2023).

Kronologi Kecelakaan
Bus kehilangan kendali lalu menghantam truk yang ada di depannya. Sementara identitas truk yang ditabrak tidak diketahui lantaran langsung melanjutkan perjalanan usai kecelakaan tersebut.

“Diduga pengemudi mengantuk lanjut menabrak kendaraan yang ada di depannya yang nihil identitas. Posisi akhir kendaraan normal di bahu jalan menghadap timur,” ujar Suwito.

Menurut Suwito, kecelakaan juga terjadi akibat tidak adanya jarak aman yang terjadi di antara kendaraan terlibat.

“Faktor yang mempengaruhi kurang antisipasi jaga jarak aman,” katanya.

Sempat Bikin Macet
Insiden kecelakaan tersebut sempat menimbulkan kemacetan. Kemacetan terjadi di ruas Tol Karawaci yang mengarah ke Jakarta.

“Saat ini sudah tidak ada kepadatan di sekitar lokasi kemacetan. Kemacetan mulai terurai sejak pukul 14.56 WIB, karena sudah adanya penanganan dari petugas,” ujar petugas call center Jasa Marga, Tami, saat dihubungi pukul 16.25 WIB, Sabtu (3/6).

Tami menegaskan saat ini sudah tidak ada lagi kemacetan di sekitar lokasi. Diketahui, lokasi kecelakaan terjadi di tol dari Bitung menuju Jakarta, tepatnya di KM 21+100. (d.c/Endi)