Sambut HUT MPR, Bamsoet Gelar Lomba Foto Jurnalistik-Stand Up Comedy

Jam : 09:38 | oleh -194 Dilihat
foto MPR
foto MPR

Jakarta, ToeNTAS.com,- Dalam rangka menyambut HUT MPR RI Tahun 2023, MPR RI bersama Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) akan menggelar berbagai kegiatan, yakni lomba Karya Foto Jurnalistik dan Stand Up Comedy Kritik MPR.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjelaskan lomba tersebut mengusung tema seputar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI antara lain, Semangat Bergotong Royong Membangun Indonesia Pasca Pademi COVID-19, Peran Pemuda dalam Merajut dan Kerekatkan Keragaman Nasional dan Memaknai Nilai-Nilai Kemerdekaan dan Kepahlawanan di Era Masa Kini.

“Kita juga sedang menggagas Turnamen Catur Antar Wartawan se-Indonesia memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI. Pesertanya tidak hanya dari para wartawan yang bertugas di MPR RI, DPR RI, dan DPD RI. Melainkan turut melibatkan para wartawan yang bertugas di berbagai penempatan seperti di Istana Negara, kementerian/lembaga, hingga di pemerintahan provinsi, serta kabupaten/kota. Sehingga bisa merajut ikatan soliditas, solidaritas, dan kebersamaan dari sesama profesi wartawan,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Hal ini disampaikannya usai menerima pengurus Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP), di Jakarta, Senin (17/7).

Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan event Stand Up Comedy Kritik MPR tahun ini memasuki tahun kedua. Di tahun pertama penyelenggaraan pada Maret 2022, juara 1 diraih Citra Sari, juara 2 Rizky Shandi, juara 3 Muklis Milu, serta juara favorit diraih Intan Latut Tuti.

Sebelumnya pada saat menjadi Ketua DPR RI, Bamsoet juga telah menggelar Stand Up Comedy Kritik DPR RI sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 2018, juara 1 diraih Aji, juara 2 Marshel Widianto, serta juara 3 Kiki Saputri.

Sementara penyelenggaraan kedua pada tahun 2019, juara 1 diraih Yudha Ilham, juara 2 M. Al Japri, juara 3 Oby, serta juara favorit Ical Kate. Para alumni Stand Up Comedy Kritik DPR maupun Stand Up Comedy Kritik MPR kini telah banyak yang sukses meniti karir sebagai komika.

“Stand Up Comedy merupakan cara kreatif saya dalam memimpin DPR RI dan MPR RI untuk menyerap aspirasi. Sekaligus menangkap, mencerna, mengelola, dan merespon berbagai realitas sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Disamping memberikan kesempatan kepada para komika untuk mengasah dan menunjukan kemampuannya dalam membawakan materi, sehingga bisa menjadi batu loncatan bagi mereka untuk menapaki profesi sebagai komika,” jelasnya.

Mantan Pemimpin Redaksi Harian Suara Karya ini juga mendukung rencana peluncuran buku Catatan Jurnalis Parlemen yang direncanakan para pengurus KWP. Adapun buku ini ditulis oleh para wartawan yang bertugas meliput di MPR RI, DPR RI, dan DPD RI.

Sebagai seorang wartawan yang kini mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua MPR RI, Bamsoet turut diminta oleh pengurus KWP untuk membuat tulisan cerita di balik berita seputar pengalamannya sebagai Ketua Komisi III DPR yang membidangi Hukum, HAM dan Keamanan, Ketua DPR RI dan Ketua MPR RI.

“Selain sebagai catatan perjalanan memimpin MPR RI selama hampir empat tahun, serta sebelumnya sebagai Ketua DPR RI dan juga sebagai Ketua Komisi III DPR RI, tulisan saya dalam buku tersebut juga untuk berbagai ilmu dan pengetahuan seputar pengembangan diri di dunia jurnalistik. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi rekan-rekan yang saat ini berprofesi sebagai wartawan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir pada pertemuan tersebut pengurus KWP antara lain, Ketua Ariawan, Sekjen Johan O. Tallo, Bendahara Kiswondari, Wakil Ketua Bidang Eksternal Rafyq Panjaitan, Wakil Ketua Bidang Internal Syafril Amir, Wakil Ketua Bidang Olahraga Farid Kusuma, serta Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keanggotaan Erwin Syahputra Siregar. (d.c/Egi)