Terungkap Penjualan Data Nasabah Bank via Darkweb

Jam : 08:31 | oleh -99 Dilihat
ilustrasi data nasabah
ilustrasi data nasabah

Jakarta, ToeNTAS.com,- Polda Metro Jaya membongkar penjualan data nasabah di darkweb Breachforums.is. Ada ribuan data nasabah bank yang diperjualbelikan oleh tersangka.

Hal ini diketahui setelah polisi menerima laporan dari pihak bank. Dalam laporannya bank menyampaikan adanya penjualan data nasabah individual hingga pemegang internet banking.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan kasus ini terungkap setelah pihaknya menerima laporan dari salah satu bank swasta. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/4396/VII/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tanggal 28 Juli 2023.

Sejumlah data nasabah bank tersebut dijual di darkweb Breachforums.is. Adapun penjual data nasabah tersebut adalah seorang user pemilik akun bernama ‘Pentagram’.

“Pada sekira bulan Juli 2023 itu ditemukan postingan di Breachforums.is, itu merupakan darkweb. Di mana dalam postingan yang diunggah di Breachforums.is terdapat postingan yang menjualbelikan data kartu kredit nasabah bank,” ujar Ade Safri dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/8).

Tersangka Warga Tebet
Polisi kemudian melakukan profiling terhadap pengguna akun tersebut. Dari hasil penyelidikan, polisi akhirnya menangkap pelaku di Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah pada tanggal 8 Agustus 2023 untuk tersangka atas inisial MRGP berhasil dilakukan penangkapan oleh tim sidik gabungan dari Siber Krimsus Polda Metro Jaya di rumahnya yang beralamat di Jalan Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan,” ujarnya.

Dari tangan tersangka disita barang bukti 1 unit iPhone 11, 1 unit iPhone XR warna biru, 1 unit CPU, serta 2 set layar monitor.

20 Ribu Data Nasabah Dijual
Ade Safri mengatakan ada ribuan data nasabah yang dicuri kemudian diperjualbelikan tersangka MRGP (19) di Breachforums.

“Jadi ada sekitar 20 ribu data yang didapatkan oleh yang bersangkutan yang kemudian dilakukan penjualan, baik data pribadi maupun data finansial di web Breachforums.is,” imbuhnya. (d.c/Yuna)