Biar Nggak Kambuh, Ini Tips Traveling Aman bagi Pengidap GERD

Jam : 15:44 | oleh -182 Dilihat
GERD
GERD

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ketika traveling, seseorang harus memiliki tubuh yang sehat agar bisa menikmati momen healing sejenak dari rutinitas harian. Namun, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang kambuh saat traveling tentu sangat mengganggu.

GERD merupakan kondisi yang terjadi saat asam lambung naik kembali ke saluran yang menghubungkan antara mulut dan perut yaitu kerongkongan atau esofagus. GERD ditandai dengan sensasi nyeri dan juga rasa terbakar (heartburn) pada dada dan mulut terasa pahit.

Nah, jika terkena GERD saat traveling, jangan panik ya. Cara-cara ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama:

1. Tetap Tenang dan Jangan Stres

Stres saat bepergian dapat memperburuk gejala GERD. Temukan waktu untuk bersantai dan menikmati waktu istirahat untuk membantu mengurangi efek samping GERD saat traveling. Cobalah untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat meredakan stres seperti meditasi, mengikuti kelas yoga, duduk di tepi kolam renang, atau sekadar membaca.

2. Hindari Makanan Pemicu GERD

Ketika berlibur, tentunya banyak list makanan yang ingin dicoba. Namun, bagi pengidap GERD harus menghindari sederet makanan seperti makanan pedas, asam, gorengan, minuman bersoda, hingga alkohol.

Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung. Bila asam lambung meningkat, akan timbul rasa sakit dan perih pada lambung.

3. Makan Secara Perlahan

Makanlah makanan secara perlahan. Minum dan makan terlalu cepat akan memberikan tekanan ekstra pada perut dan memicu peningkatan produksi asam lambung.

4. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Ketika mengunjungi sebuah restoran, cobalah perhatikan menunya dengan seksama. Jangan ragu untuk bertanya kepada pelayan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika memungkinkan, cobalah untuk memasak makanan sendiri ketika berlibur. Sebab dengan memasak, pengidap GERD tahu bahan apa saja yang dikonsumsi.

5. Mengonsumsi Suplemen Herbal

Guna mengatasi GERD yang kambuh saat traveling, cobalah untuk mengonsumsi suplemen herbal. Salah satu suplemen herbal yang ampuh untuk meredakan GERD yaitu suplemen yang mengandung bahan kunyit. Namun, bahan ini sulit ditemukan apabila seseorang bepergian ke luar negeri khususnya di daerah Eropa atau Amerika.

Untuk mengatasinya, bawalah Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus saat traveling. Suplemen herbal ini kaya akan curcuminoid yang dapat mengurangi produksi asam lambung dan melindungi lapisan mukosa pada lambung.

Curcuminoid dapat bantu melindungi lambung dan liver terutama bagi orang yang rentan terkena masalah kesehatan pada organ tersebut seperti perokok dan peminum.

Selain itu, Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus juga mengandung lada hitam yang mengandung piperine. Kombinasi piperine dan curcuminoid dapat meningkatkan kecepatan aksi untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti maag/nyeri lambung, perut nyeri, begah/kembung, mual dan muntah, dan juga baik untuk melindungi kesehatan lambung dan liver.

Hadir dalam bentuk mini soft capsule, Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus kini lebih mudah ditelan dan lebih cepat diserap oleh tubuh.

Jadi tunggu apa lagi, yuk konsumsi secara rutin Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus agar perjalanan lebih menyenangkan.

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus juga mudah didapatkan di apotek atau apotek modern. Selain itu, suplemen herbal ini juga bisa dibeli secara online melalui www.sidomunculstore.com dan online marketplace. (d.c/Amalia)