7 Cara Mendidik Anak dengan Baik dan Bisa Diterapkan Dalam Keluarga

Jam : 09:45 | oleh -144 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

ToeNTAS.com,- Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya memiliki kepribadian yang baik. Sebetulnya, hal tersebut ditentukan oleh orang tua, lho! Oleh karena itu, penting bagi setiap orang tua memahami bagaimana cara mendidik anak dengan baik sehingga dapat membentuk sikap dan dibawa hingga mereka dewasa nantinya.

Terlebih lagi apabila anak-anak sedang dalam masa keemasan, dimana perkembangan otaknya terjadi dengan pesat. Yuk, simak beberapa cara mendidik anak dengan baik yang bisa diterapkan, berikut ini:

1. Jadilah Pendengar yang Baik

Anak-anak seringkali melontarkan pertanyaan maupun bercerita tentang hal apapun yang dialami. Oleh karena itu, mulailah untuk menjadi pendengar yang baik. meskipun tidak mudah dilakukan, namun hal ini akan membentuk pribadi yang saling terbuka antara orang tua dan anak dan meningkatkan rasa percaya diri anak.

2. Menumbuhkan Kasih dalam Diri Anak

Secara alami, anak-anak memiliki rasa saling mencintai dan penuh kasih sayang. Namun, sebagai orang tua tetap berkewajiban untuk terus menumbuhkannya hingga dewasa nanti. Caranya yaitu dengan menunjukkan betapa orang tua mencintai mereka.

Orang tua dapat menyatakan kasih sayang secara sederhana, seperti memberikan pelukan, memperhatikan dan memenuhi kebutuhannya, serta meluangkan waktu bersama anak. Menunjukkan kasih sayang juga membuat mereka belajar bagaimana cara mengungkapkan kasih sayang serta menerapkannya pada orang-orang di sekitarnya.

3. Mengenalkan Cara Menghargai Orang Lain

Cara mendidik anak selanjutnya yaitu mulai mengenalkan bagaimana cara menghargai orang lain dan tidak bersikap egois. Berikan pengertian bahwa mereka tidak dapat selalu memaksakan kehendaknya dan penting untuk melihat kebutuhan serta kondisi orang-orang di sekitarnya. Caranya yaitu dengan belajar menghormati anggota keluarga, berbicara dengan sopan, dan menawarkan diri menolong jika ada yang membutuhkan.

4. Mengajarkan Rasa Tanggung Jawab

Pada masa kanak-kanak, mereka belum memahami benar konsep tanggung jawab. Namun, saat dewasa kelak, tanggung jawab berperan penting bagi kehidupan mereka.

Cara mendidik anak yang baik untuk mengenalkan tanggung jawab yaitu dengan melibatkan mereka dalam menentukan keputusan dalam keluarga. Atau, bisa juga hal sederhana seperti merapikan mainan sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri, dan membantu membersihkan rumah.

5. Biasakan Mengucapkan Tolong, Maaf, dan Terimakasih

Tiga kata ini sebetulnya sederhana, namun jika diucapkan memiliki dampak yang luar biasa. Sayangnya, beberapa orang sungkan mengucapkannya. Sebelum mengajarkan ke anak, mulailah orang tua membiasakan diri untuk seringkali mengucapkan kata tersebut ketika berinteraksi dengan anak. Lambat laun, anak akan mencontoh kebiasaan baik orang tuanya dengan terbiasa mengucapkan tolong, maaf, dan terimakasih.

6. Membiasakan Bersikap Jujur

Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang harus dimiliki anak sejak dini. Mulailah membiasakan anak untuk bersikap jujur, baik dalam hal perbuatan, perkataan, serta dalam berperilaku. Sebagai orang tua, penting untuk memberikan contoh sikap jujur di depan anak-anak, maupun memberikan kepercayaan pada mereka.

7. Mengenalkan Anak pada Konsekuensi atas Perbuatan Mereka

Anak-anak harus mulai memahami jika semua tindakan selalu membawa konsekuensi. Perbuatan yang baik, akan membuahkan hasil yang baik pula, begitupun sebaliknya. Namun, hindari ancaman maupun tindak kekerasan ketika menetapkan konsekuensi atau sanksi jika mereka melanggar aturan yang ditetapkan. (rf/Budi)