Ada Penyelewengan di Dapen BUMN, Erick: Dirampok Oknum Biadab!

Jam : 13:07 | oleh -73 Dilihat
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, ToeNTAS.com,- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus memperdalam upaya bersih-bersih di tubuh perusahaan pelat merah. Salah satu fokusnya pada pengelolaan dana pensiun (Dapen) BUMN.

Setelah ada kasus Jiwasraya dan Asabri, Erick mengaku khawatir ada persoalan yang sama pada dana pensiun BUMN. Atas dasar kecurigaan itu, Erick menyebut dirinya memerintahkan Kementerian BUMN untuk mengecek langsung dana-dana pensiun BUMN.

Dari 48 dana pensiun, 34 di antaranya atau 70% berada dalam kondisi tidak sehat. Pada tahap awal, Audit Dengan Tujuan Tertentu dilaksanakan pada empat Dapen BUMN, dan ditemukan kerugian Rp 300 miliar.

“Saya kecewa, saya sedih karena pekerja yang sudah bekerja puluhan tahun yang tentu kurang, itu hasilnya dirampok oleh oknum-oknum yang biadab,” ujar Erick dalam Konferensi Pers bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).

Lebih jauh, Erick pun meminta Jaksa Agung tidak ragu memberantas oknum pelaku penyimpangan Dana Pensiun itu tanpa pandang bulu.

“Pak Jaksa Agung, sikat saja para oknum ini tanpa pandang bulu. Seperti yang Bapak lakukan pada kasus Jiwasraya Asabri. Saya dan seluruh jajaran di Kementerian BUMN siap berhadapan dengan siapa pun yang main-main dengan nasib para pensiunan,” tegas Erick.

Atas perkembangan ini, Erick menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh yang telah membantu audit para Dana Pensiun BUMN tersebut. (d.c/Intan)