Kekuatan Banteng Dibanggakan Ganjar Saat Keliling Solo

Jam : 06:50 | oleh -60 Dilihat
Capres nomer urut 3 Ganjar Pranowo
Capres nomer urut 3 Ganjar Pranowo

Jakarta, ToeNTAS.com,- Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo berkeliling kota Solo, Jawa Tengah. Saat berkampanye di Solo, Ganjar membanggakan kekuatan Banteng, ia yakin Solo akan menjadi lumbung suara bagi paslon Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Diketahui Ganjar melakukan sejumlah kegiatan kampanye di Solo sejak Sabtu (23/12) malam hingga Minggu (24/12). Kegiatan Ganjar di Solo dari mulai menginap di rumah warga di kawasan Kadipiro, Banjarsari, Surakarta (Solo), Jawa Tengah; meresmikan posko pemenangan di Solo; blusukan di Pasar Notoharjo, Surakarta, Jawa Tengah; hingga mengunjungi Gereja Katolik SP Maria Regina Purbowardayan, Surakarta (Solo), Jawa Tengah.

Ganjar meyakini Solo akan menjadi lumbung suara bagi paslon Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 mendatang. Sebab menurutnya kekuatan banteng di Solo sangat kuat

Hal itu disampaikan Ganjar, usai blusukan di Pasar Notoharjo, Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu (24/12/2023).

“Oh iya (yakin Solo lumbung suara), kalau di sini yang banteng kuat sekali,” kata Ganjar saat menjawab pertanyaan tentang potensi lumbung suara di Solo meski Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Minggu (24/12/2023).

Ganjar paham di Solo terjadi kompetisi terkhusus dengan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebagaimana diketahui, Gibran sendiri masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Ganjar mengajak semua kubu berkompetisi dengan baik tanpa saling menyakiti. Ganjar juga yakin dirinya dan pasangannya, Mahfud Md bisa unggul di Solo.

“Bahkan tadi malam bersama rakyat kita bertemu kita ngobrol bersama dan mereka mendorong kekuatan yang ada di masyarakat. Ya kawan-kawan sangat paham juga bahwa terjadi kompetisi di Solo Raya. Maka saya bilang oke kita kompetisi baik-baik saja tidak harus saling menyakiti, dan kawan-kawan pasti selalu berjuang. Mereka kalau dilihat banteng tangguh-tangguh di Solo Raya,” jelasnya.

Menginap di Rumah Warga
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di kawasan Kadipiro, Banjarsari, Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Warga pun antusias menyambut kehadiran Ganjar.

Ganjar yang mengenakan jaket putih tiba pukul 22.55 WIB, Sabtu (23/12/2023) kemarin. Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu disambut riuh oleh warga.

Warga yang telah menunggu Ganjar pun berebut mengajak berfoto bersama. Ganjar menginap di rumah warga.

“Pak Ganjar siapa yang punya, Pak Ganjar siapa yang punya, Pak Ganjar siapa yang punya, yang punya kita semua,” nyanyi warga yang menyambut Ganjar.

“Ganjar Presiden! Ganjar Presiden! Sehat sehat ya bapak,” teriak warga lainnya.

Resmikan Posko Pemenangan di Solo
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan serangkaian kegiatan kampanye di Kota Solo, Jawa Tengah hari ini. Ganjar juga meresmikan posko pemenangan di Pasar Notoharjo, Solo, Jawa Tengah.

Kedatangan Ganjar disambut oleh Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy. Mereka terlihat memotong tumpeng sebagai prosesi peresmian posko. Setelahnya mereka masuk untuk meninjau posko tersebut.

Ganjar berterima kasih atas diresmikannya posko pemenangan tersebut. Dia berharap dengan berdirinya posko tersebut bisa membantu kemenangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 mendatang.

“Terima kasih atas dipersiapkannya posko pemenangan yang cukup keren ini. Sehingga Insyaallah Ganjar-Mahfud akan menang di pemilu nanti,” kata Ganjar di lokasi, Minggu (24/12/2023).

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Notoharjo, Surakarta, Jawa Tengah saat masa kampanye Pilpres 2024. Di tengah-tengah blusukannya, Ganjar ‘ditodong’ warga bernama Sri Mulyani terkait KTP Sakti.

Pantauan detikcom, Minggu (24/12/2023) mulanya Ganjar blusukan di Pasar Notoharjo usai meresmikan posko pemenangan. Saat itu, Sri Mulyani tiba-tiba menghampiri Ganjar dan bertanya terkait KTP Sakti yang menjadi program Ganjar dan Mahfud Md.

“Pak KTP Sakti itu apa Pak?” tanya Sri Mulyani kepada Ganjar.

Ganjar pun menjelaskan program KTP Sakti yang menjadi program dirinya dan pasangannya, Mahfud Md di Pilpres 2024. Menurut Ganjar, pertanyaan itu muncul menandakan program mereka sampai kepada masyarakat, bukan hanya gimik semata.

“Bu Sri Mulyani, ha-ha-ha… Ya sebenarnya masyarakat sudah mulai bertanya program saya karena apa yang kita jelaskan berarti sampai ke masyarakat, tidak hanya bicara gimik, tapi orang mulai bertanya program,” kata Ganjar.

“Apa itu pak KTP Sakti atau kartu yang bisa mengintegrasikan seluruh data? Ya KTP biasa. Terus gimana maksudnya kalau saya dapat bantuan macam-macam itu apa bedanya dengan kartu itu,” imbuhnya.

Ganjar mengatakan KTP Sakti yakni singkatan dari Satu Kartu Terpadu Indonesia. Nantinya, kata Ganjar, rakyat penerima manfaat tidak perlu menggunakan berbagai kartu.

“Kartu ini menyatukan semua, jadi berdasarkan NIK kita akan bisa melihat profil semua orang sehingga bantuan bisa masuk dengan cara yang lebih gampang. Respons itu ternyata di mata masyarakat bagus. Satu, mereka sadar bahwa data mesti diperbaiki. Dua, mudah cara penggunaannya. Maka kita sampaikan,” jelasnya.

Ganjar Sambangi Gereja di Solo
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo berkunjung ke Gereja Katolik SP Maria Regina Purbowardayan, Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Ganjar berbicara kerukunan beragama masyarakat.

Pantauan detikcom, Minggu (24/12/2023) kehadiran Ganjar Pranowo disambut oleh romo dan para pengurus gereja. Ganjar selanjutnya berkeliling mengecek kesiapan gereja untuk ibadah Natal.

Ganjar bercerita, selama dirinya menjadi Gubernur Jawa Tengah dirinya selalu mengecek gereja saat dalam mempersiapkan ibadah Natal. Meski sudah melepas jabatannya, Ganjar menyebut dirinya tetap ingin bersilaturahmi dengan para pengurus gereja.

“Ini sudah pensiun jadi Gubernur, untuk pertama kali kami tidak melakukan kegiatan itu. Nah ini pas di Solo kami mencoba untuk bertemu dengan beberapa tokoh agama, dan ternyata suasananya menyenangkan suasananya membahagiakan guyonannya candaannya juga masih sama,” kata Ganjar di lokasi, Minggu (24/12/2023). (d.c/Liam)