Tutup Debat Capres, Anies: Negara Tidak Berdagang dengan Rakyat!

Jam : 07:08 | oleh -84 Dilihat
Anies dan Cak Imin
Anies dan Cak Imin

Jakarta, ToeNTAS.com,- Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menutup Debat ke-5 Capres 2024 dengan memastikan bahwa jika menang di Pilpres 2024, pihaknya akan memastikan negara selalu hadir untuk memenuhi kebutuhan seluruh rakyat dengan kasih sayang.

Ia mengatakan, janjinya ini merupakan hasil dari perjalanannya keliling Indonesia selama satu tahun terakhir untuk berjumpa dengan jutaan masyarakat yang datang padanya, bukan dalam rangka meminta uang, melainkan selalu meminta adanya perubahan pemerintahan.

“Mereka datang membawa harapan, mereka menginginkan ada perubahan, kondisi hidup yang lebih baik, bisa lebih makmur,” kata Anies saat menutup Debat Capres terakhir yang digelar KPU di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2/2024).

Ia pun menjanjikan, jika nantinya ia terpilih menjadi Presiden 2024 akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan orang tua yang selama ini di malam hari melihat anaknya tidur dalam kondisi miskin, lalu membayangkan akankah anak saya tetap miskin seperti ini kelak atau bisa berubah nasib.

“Kami berjuang untuk perubahan agar orang tua yang miskin itu bisa melihat anaknya tidur sambil berkata syukur alhamdulillah walau saya miskin, walau saya kelas menengah, tapi negara hadir untuk membantu anak saya punya masa depan yang cerah,” tegas Anies.

Ia pun mengatakan, perjalanannya keliling Indonesia selama satu tahun terakhir ini juga merupakan perjalanan spiritual. Sebab, masyarakat yang mendatanginya mayoritas menitipkan besar supaya Indonesia ke depan dikelola dengan lebih baik, adil, dan dijalankan dengan kasih sayang.

“Karena itu kami dalam berjuang menyadari betul cinta kasih, welas asih, ketulusan, keteguhan menjadi bagian perjuangan ini,” ucap Anies.

Anies juga pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendampinginya selama berkeliling Indonesia, mulai dari TNI, Polisi, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia mengatakan, akan terus memperhatikan kehidupan mereka ke depan.

Anies meyakini, dengan cara-cara kasih sayang dalam memimpin dan mengayomi setiap unsur masyarakat, maka akan bisa mencapai kemenangan dalam proses demokrasi. Ia pun berjanji akan melawan orang-orang yang merasakan kekuasaan dari ketimpangan antar unsur masyarakat dengan kasih sayang.

“Dan kami akan tegaskan negara tidak berdagang dengan rakyat, negara tidak pelit dengan rakyat, negara tidak berpaling dari yang papa, negara yang penuh cinta kasih pada semua, negara yang hadir dengan perasaan yang halus, yang rahman yang rohim kepada semua yang rangkul dgn perasaan cinta, sebagai orang tua bagi anak-anaknya, sebagai abah bagi anak-anaknya semua,” ungkap Anies.

“Maka pesan yang kami bawa pesan negara yang menyayangi, negara yang welas asih, dan negara membereskan soal ketimpangan, soal ketidakadilan,” tegasnya.

Untuk diketahui, debat malam ini dimulai pada pukul 19.00 WIB dan disiarkan di televisi nasional.

Tema malam ini adalah kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan inklusi. Sementara sub temanya meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Ini merupakan debat terakhir sebelum Indonesia akan melakukan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari mendatang. (cnbci.c/Yogo)