Berbondong-bondong ke Luar Jakarta saat Libur Panjang 4 Hari Lamanya

Jam : 07:41 | oleh -77 Dilihat
Ilustrasi
Ilustrasi

Depok, ToeNTAS.com,- Arus lalu lintas mengalami kepadatan memasuki libur long weekend ini. Jumlah kendaraan yang keluar Jakarta mengalami peningkatan di beberapa ruas jalan tol.

Jasa Marga mencatat adanya peningkatan volume kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Merak, dan Ciawi. Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek pada libur panjang kali ini meningkat jika dibandingkan lalin normal.

Pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol untuk mengantisipasi kepadatan ini. Salah satunya dengan menerapkan contraflow hingga one way.

181 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta
Jasa Marga mencatat ada 181.431 kendaraan yang keluar pada H-1 long weekend atau Rabu (7/1). Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan lalu lintas normal.

“Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 37,05% jika dibandingkan lalin normal (132.387 kendaraan),” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana, dalam keterangan pers, Kamis (8/2).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Sementara itu, distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek mayoritas menuju timur (Tol Trans Jawa dan Bandung), yakni 88.462 kendaraan, kemudian menuju barat (Tol Merak) sebanyak 53.493 kendaraan, dan menuju selatan (Tol Puncak) sebanyak 39.476 kendaraan.

Pemberlakuan Contraflow
Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, pihak kepolisian melakukan diskresi rekayasa lalu lintas dengan sistem contraflow. Contraflow diberlakukan di ruas Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Cikampek.

“Atas diskresi Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol perpanjang contraflow Km 41 sampai dengan Km 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujar VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (8/2).

Ria mengatakan contraflow diberlakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di masa libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024. Contraflow yang sebelumnya dibuka di Km 47 hingga Km 65 arah Cikampek, kini diperpanjang.

Selain itu, polisi menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil-genap selama libur panjang akhir pekan atau long weekend. Ganjil genap dilaksanakan hari ini sampai Minggu, 11 Februari 2024.

“Betul, tanggal merah ini ganjil-genap terus dilaksanakan (sampai Minggu),” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama, kepada wartawan, Kamis (8/2/2024).

Selain ganjil-genap, polisi memberlakukan sistem satu arah (one way). One way ini sifatnya diberlakukan situasional dengan melihat kondisi volume kendaraan dari dan menuju Puncak Bogor.

Pagi ini, polisi menerapkan one way dari Jakarta ke Puncak. Setelah one way selesai, polisi melakukan pengaturan rekayasa kembali dengan sistem ganjil genap. Jadi, hari ini hanya kendaraan yang berpelat genap saja yang bisa melintasi Puncak.

“Tapi ketika sudah melakukan rekayasa jalur (one way), maka selesai ganjil genapnya, sesuai dengan rekayasa jalurnya,” imbuhnya. (d.c/Roni)