Motif Dendam di Balik Petugas SPBU Bogor Diserang Pemuda Bercelurit

Jam : 07:39 | oleh -31 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Polisi telah mengamankan kelompok pemuda bercelurit yang menyerang petugas SPBU di Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Pelaku menyerang korban diduga karena dendam.

“Alhamdulillah sudah (ada yang diamankan),” kata Kapolsek Klapanunggal Iptu Silfi Adi, kepada wartawan, Jumat (3/5/2024).

Penyerangan ini terjadi pada 29 April pukul 02.30 WIB. Saat itu sekumpulan pemuda berkumpul di SPBU. Kemudian, petugas SPBU tersebut datang menghampiri para pemuda yang berkumpul. Tak disangka, para pemuda tersebut langsung menyerang petugas SPBU.

“Saat didatangi oleh petugas SPBU, pemuda-pemuda tersebut malah berbalik mengejar petugas SPBU seperti terlihat yang di video tersebut,” kata Kapolsek Klapanunggal Iptu Silfi Adi kepada wartawan, Selasa (30/4) lalu.

Silfi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya, ada kendaraan yang rusak ringan.

Silfi telah meminta keterangan kepada petugas SPBU tersebut. Mereka mengatakan tidak mengenal gerombolan pemuda tersebut.

“Tadi sudah diarahkan juga petugas tersebut buat laporan polisi supaya bisa kita lidik lebih lanjut,” ungkapnya.

Polisi Tetapkan 2 Tersangka
Polisi kemudian menangkap enam orang pelaku penyerangan petugas SPBU di Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor itu. Dari enam orang orang tersebut, dua di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Terkait berita viral salah satu SPBU di Klapanunggal alhamdulillah tim Reskrim dengan Polsek Klapanunggal telah berhasil mengamankan 2 orang tersangka pelaku pengancaman yang terjadi di SPBU Klapanunggal, 29 April 2024, pukul 02.30 WIB” kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, kepada wartawan di Cibinong, Jumat (3/5).

Kedua tersangka tersebut yaitu AF dan AI. Keduanya berperan membawa senjata tajam. Sementara empat orang lainnya telah diperiksa dan masih berstatus saksi.

“Total yang kita amankan 6, namun yang kita tetapkan tersangka 2, yang berperan membawa senjata tajam yang masuk ke dalam dan mengancam SPBU. Kami masih mengejar 2 orang lagi yang ada dan turut serta dalam terjadinya tindak pidana tersebut,” sebutnya.

Motif Karena Dendam
Polisi mengungkap motif pelaku penyerangan petugas SPBU itu. Pelaku menyerang petugas SPBU lantaran memiliki dendam.

“Motifnya sebenarnya mereka kalau saya lihat ada faktor dendam kepada petugas SPBU tersebut,” kata AKBP Rio Wahyu.

Namun Rio belum menjelaskan secara detail terkait dendam yang dimaksud. Dia mengatakan saat ini kedua tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif.

“Dendamnya apa, ini sedang kita dalami. Kami mohon waktu sehingga lengkap tindak pidana itu,” ucapnya.

Adapun pelaku mengenal korban. Terkait apakah pelaku beserta rombongannya tersebut bagian dari salah satu gangster, polisi masih mendalaminya.

“Sedang kita dalami (gangster atau bukan), diamankan tadi pagi 6 orang,” tuturnya. (d.c/Oki)