Sering Dilupakan, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

0
259
ilustrasi minum air putih
ilustrasi minum air putih
Advertisement

ToeNTAS.com,- Minum air putih merupakan salah satu kebiasaan yang dianjurkan untuk dilakukan setelah bangun tidur. Air memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti menjaga keseimbangan suhu tubuh, membantu ginjal membersihkan kotoran dari dalam tubuh, sampai mengangkut nutrisi ke jaringan-jaringan tubuh.

Kebiasaan mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur ini dapat mencukupi kebutuhan cairan. Saat bangun tidur di pagi hari, tubuh kita memerlukan banyak cairan karena istirahat semalaman. Jika kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi, organ-organ tubuh pun dapat bekerja dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan minum air putih setelah bangun tidur.

Minum air putih setelah bangun tidur tentu memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah gangguan pencernaan, sampai membuat kulit menjadi lebih sehat. Berikut adalah manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat membiasakan minum air putih setelah bangun tidur.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Ilustrasi Empon-Empon Credit: freepik.com

Ketika tidur di malam hari, tubuh akan memperbaiki diri dan mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dalam keadaan perut kosong saat bangun tidur di pagi hari, akan membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Nantinya racun tersebut akan keluar melalui urin.

Mencegah gangguan pencernaan

Tanda Gangguan Pencernaan Bukan Hanya Sakit Perut (Tetiana Iatsenko/Shutterstock)
Tanda Gangguan Pencernaan Bukan Hanya Sakit Perut (Tetiana Iatsenko/Shutterstock)

Gangguan pencernaan merupakan masalah yang terjadi pada salah satu organ sistem pencernaan. Meningkatnya keasaman di perut menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan.

Ketika merasa asam lambung kembali ke kerongkongan, dengan minum air putih dalam keadaan perut kosong justru dapat membantu menekan dan mengencerkan asam tersebut sehingga mencegah asam lambung naik.

Membantu meningkatkan produktivitas

Orang Produktif Kerja Cerdas, Orang Sibuk Kerja Keras
Ilustrasi Orang Produktif Credit: pexels.com/pixabay

Minum air putih setelah bangun tidur membuat tubuh terasa segar dan berenergi. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sarapan.

Agar tubuh terasa segar sepanjang hari, penuhilah kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga membuat kamu lebih fokus dan konsentrasi. (lip6.c/p)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here