Menciptakan Kedamaian di Dalam Keluarga

0
93
ilustrasi
ilustrasi
Advertisement

ToeNTAS.com,- Meskipun perselisihan dalam keluarga sulit dihindari, membawa kembali kedamaian ke dalam keluarga adalah sebuah kewajiban bagi seluruh anggota keluarga. Kedamaian adalah hal yang harus ada dalam sebuah keluarga harmonis. Lantas, bagaimana cara menciptakan kedamaian tersebut? Berikut adalah cara untuk mewujudkan kedamaian dalam keluarga Anda:

  • Berbicara dengan santun

    Nada tinggi yang penuh emosi tidak akan menciptakan kedamaian dalam keluarga Anda. Meski adu argumentasi sedang terjadi dalam keluarga, usahakan Anda tetap berbicara dengan nada yang santun. Hindari berbicara dengan nada tinggi atau berteriak untuk tidak memicu perselisihan yang tidak berkesudahan.

  • Menghilangkan rasa dendam

    Pasca berselisih dengan anggota keluarga lainnya, tentu hati menjadi dongkol dan diliputi oleh dendam. Hilangkan rasa dendam yang berkecamuk dalam hati. Ingatlah, bahwa mereka adalah keluarga Anda dan tidak seharusnya Anda menyimpan dendam dengan keluarga sendiri.

  • Fokus pada pemecahan masalah

    Mencari solusi untuk konflik yang terjadi dalam keluarga merupakan upaya untuk membawa kedamaian dalam keluarga. Cobalah untuk membicarakan hal ini dengan keluarga. Hindari sikap menyela dan menilai, cukup dengarkan pendapat masing-masing anggota keluarga. Rasa pengertian tersebut akan mendamaikan masing-masing anggota keluarga yang sedang terlibat konflik.

  • Berkomunikasi secara langsung

    Salah satu penyebab konflik dalam keluarga adalah kebiasaan membicarakan satu sama lain di belakang. Hal tersebut mengakibatkan ketegangan dan perasaan yang terpendam. Jika Anda memiliki permasalahan dengan orang tua, saudara, atau anak, bicaralah langsung dengan orang tersebut. Hindari mengeluh tentang orang tersebut kepada anggota keluarga lainnya.

  • Cintai keluarga apa adanya

    Cinta merupakan sebuah kata universal yang identik dengan kedamaian. Bila Anda menginginkan keluarga harmonis yang diliputi kedamaian, cintailah keluarga Anda apa adanya. Masing-masing anggota keluarga tentu memiliki kekurangan. Jangan jadikan kekurangan ini sebagai alasan untuk tidak mencintai mereka apa adanya.

Kedamaian memang menjadi resep utama untuk menciptakan keluarga harmonis. Dengan terciptanya kedamaian dalam keluarga, tentu keluarga tersebut akan selalu terbebas dari perselisihan atau konfik yang berkepanjangan. Jadi, sudah siapkah Anda untuk membawa kedamaian komunikasi dalam keluarga Anda? (tehsariwangi.c)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here