3 Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Bye-bye Jerawat!

Jam : 05:53 | oleh -174 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Manfaat putih telur untuk wajah salah satunya untuk mengurangi jerawat. Anda cukup mengoleskan saja di wajah dan rasakan manfaatnya.

Telur menawarkan manfaat untuk kecantikan kulit. Tak heran kalau masker putih telur kerap jadi andalan para perempuan dalam perawatan kecantikannya.

Bagian kuning telur mengandung lesitin yang membantu meningkatkan hidrasi dan membuat kulit terasa halus. Sedangkan putih telur secara khusus memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengatasi masalah kulit yang merugikan, dan membuat kulit wajah glowing.

Kandungan lutein dalam telur dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, dan protein membantu memperbaiki jaringan kulit.

Penasaran, apa saja manfaat masker putih telur yang bisa kamu bikin sendiri di rumah? Dilansir dari Healthshots, ini dia manfaatnya.

1. Antipenuaan

Protein dalam masker putih telur membantu mengikat kelembapan pada kulit dan memberikan manfaat anti-penuaan. Hidrasi yang ditawarkan oleh telur membuat kulit menjadi kenyal — membuat garis dan kerutan tidak terlalu terlihat. Selain itu, telur juga mengandung asam lemak omega-3, selenium, biotin dan seng yang memungkinkan produksi lemak sel dalam tubuh, yang penting untuk pergantian sel. Dengan demikian, masker ini dapat memperbaiki kulit yang rusak.

Putih telur mengandung protein dan kolagen, bahan yang berguna untuk melawan peradangan, serta garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, putih telur mengandung 18 asam amino esensial yang bagus untuk mencegah penuaan kulit dan dampak berbahaya dari radiasi ultraviolet.

2. Mengencangkan kulit dan mengurangi jerawat

Putih telur akan mengencangkan kulit dengan menghilangkan kelebihan kotoran, minyak, dan sel-sel mati. Selain itu, masker putih telur juga membantu mencegah jerawat dan kista, mengurangi jerawat di wajah karena enzim yang disebut lisozim membunuh bakteri penyebab jerawat.

Lisozim memiliki kemampuan untuk melisiskan atau menghancurkan dinding bakteri gram positif penyebab jerawat tertentu dan mencegah pembentukan noda. Masker wajah berbahan dasar telur dapat menyerap minyak berlebih dari kulit, mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat, memberikan kekencangan dan kesegaran pada kulit wajah.

3. Menghidrasi pada kulit

Masker putih telur dapat meningkatkan hidrasi kulit karena protein yang berfungsi sebagai pelembab. Humektan adalah zat higroskopis yang memiliki struktur molekul dengan beberapa senyawa yang menyukai air dan menjaga agar air tidak menguap, sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, telur kaya akan lutein dan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan hidrasi kulit. Pencerahan kulit juga ditingkatkan dengan penggunaan masker putih telur, dengan cara membantu menutup pori-pori kulit yang besar, mengurangi kerutan, dan membantu kulit berminyak. (s.c/Indah)