Tragis, Staf Bandara Tewas Terlindas Pesawat

Jam : 06:37 | oleh -253 Dilihat
Staf maskapai Qingdao tewas mengenaskan. Dia dilindas pesawat.
Staf maskapai Qingdao tewas mengenaskan. Dia dilindas pesawat.

Qingdao, ToeNTAS.com,-  Satu staf Qingdao Airlines tewas mengenaskan. Dia meninggal dunia usai terlindas pesawat.

Dikutip dari Global Times, Senin (31/1/2022), Administrasi Regional Penerbangan Sipil China Timur merilis keterangan tentang kecelakaan staf maskapai itu setelah dilakukan penyelidikan awal. Penyelidikan dilakukan oleh tim bentukan regulator penerbangan sipil.

Dalam rilis itu disebutkan peristiwa tragis itu terjadi di Bandara Internasional Jiaodong Qingdao, di Qngdao, Shandong, China pada Senin (24/1). Kecelakaan tersebut terjadi saat sebuah pesawat kosong A320 sedang ditarik oleh truk derek dari apron pemeliharaan di bandara.

Saat pemindahan pesawat itu, kartu kerja salah satu anggota staf jatuh. Dia pun membungkuk untuk mengambilnya. Tampaknya, dia tidak menyadari posisinya sangat berbahaya.

Anggota staf lainnya, sayangnya tidak dilengkapi dengan perangkat alarm suara dan visual, sempat meminta pengemudi truk derek untuk berhenti menarik pesawat kosong itu. Tetapi, suaranya tidak terdengar oleh sopir truk tersebut.

Tanpa ampun, staf yang mengambil kartu kerja itu terlindas oleh roda utama pesawat.

Dalam rilis itu juga disebutkan mereka meminta semua unit untuk secara ketat mengikuti aturan keselamatan, termasuk menggunakan peralatan alarm suara dan visual atau fasilitas serupa dengan benar.

Selain itu, seluruh unit harus memiliki mekanisme kerja sama yang jelas untuk memastikan staf yang bekerja dapat mengeluarkan peringatan dan mengonfirmasi tanggapan.

Kecelakaan pesawat itu menarik perhatian netizen dan memperoleh lebih dari 68 juta klik di Weibo, media sosial yang digunakan di China. Ribuan netizen menyatakan belasungkawa dan menyerukan peraturan yang lebih ketat.

“Semua personel harus mengikuti aturan operasi dengan ketat dan kami menunggu hasil investigasi,” tulis seorang netizen.

Saat ini tengah dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap insiden tersebut. (Erwin)