Kapolri Bentuk Tim Internal dan Eksternal Selidiki Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam

Jam : 21:33 | oleh -961 Dilihat
Kapolri Memberikan Keterangan Seputar Tragedi Penembakan di rumah Kadiv Propam
Kapolri Memberikan Keterangan Seputar Tragedi Penembakan di rumah Kadiv Propam

Sementara, untuk tim eksternal, Sigit juga telah menghubungi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Di satu sisi kami juga sudah menghubungi rekan-rekan dari luar, dalam hal ini Kompolnas dan Komnas HAM terkait dengan isu yang terjadi,” jelasnya.

Sigit mengharapkan pemeriksaan bisa dilakukan secara transparan dan obyektif, sehingga peristiwa tersebut bisa menjadi terang.

“Di satu sisi tentunya kita mengharapkan bahwa kasus ini bisa dilaksanakan pemeriksaan secara transparan, obyektif. Dan tentunya karena kasus menyangkut masalah anggota (polisi), kami juga ingin bahwa peristiwa yang ada betul-betul bisa menjadi terang,” tegas Kapolri.

Oleh karena itu, lanjut Sigit, Tim akan bergerak sehingga rekomendasi dari tim gabungan eksternal dan internal yang telah dibentuk ini menjadi masukan, dan akan digunakan untuk menindaklanjuti terkait dengan hal-hal yang mungkin bisa didapatkan untuk melengkapi proses penyelidikan dan penyidikan yang ada.

“Tentunya kita tidak menutup laporan dari sisi yang lain, kemudian kita telaah dan kita tangani secara obyektif, transparan, memerlukan kaidah-kaidah sesuai yang diatur dalam Scientific Crime Investigation,” ungkapnya.