10 Kuliner Bubur Khas Nusantara yang Cocok Jadi Menu Sarapan

Jam : 09:02 | oleh -83 Dilihat
ilustrasi bubur ayam
ilustrasi bubur ayam

Jakarta, ToeNTAS.com,- Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya beragam, termasuk kulinermya. Kuliner Indonesia dikenal sebagai kuliner dengan cita rasa khas yang sangat menggugah selera.

Menariknya, setiap daerah memiliki kuliner masing-masing yang khas dan berbeda antara satu dengan yang lain. Misalnya saja, sejumlah daerah memiliki kuliner khas berupa soto, antara lain soto Betawi dari Jakarta, soto Lamongan, soto Surabaya, hingga soto kuning Bogor.

Indonesia juga punya kuliner mi yang berbeda-beda di tiap daerah. Di antaranya mi kocok Bandung, mi Aceh, mi celor, hingga mi titi dari Makassar. Kali ini, mari kita mengenal lebih dekat macam-macam bubur khas Nusantara.

Dikutip wartawan, Selasa (19/7/2022), jika biasanya kita mengenal bubur sumsum, bubur ayam dan bubur kacang hijau di sekitar kita, ternyata masih ada banyak lagi bubur khas Nusantara yang cita rasanya sangat lezat menggugah selera.

Bubur khas Nusantara ini juga cocok Anda jadikan sebagai menu sarapan. Berikut ini 10 bubur khas Nusantara, yang wartawan rangkum dari berbagai sumber: 

1. Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan kuliner yang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Kuliner ini memiliki cita rasa gurih dan menggugah selera.

Umumnya, bubur ayam menjadi menu penting sebagai menu sarapan. Saat menikmati bubur ayam, Anda bisa melengkapinya dengan cakwe, kacang, atau beragam sate dan kerupuk. Jangan lupa tambahkan sambal agar bubur ayam jadi lebih sedap.

2. Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan bubur yang terbuat dari tepung beras. Hampir sama dengan bubur bercita rasa manis gurih lainnya, bubur sumsum disajikan bersama saus gula merah dan santan kelapa. Biasanya, bubur sumsum disajikan dengan bola-bola biji salak. Karena rasanya yang manis dan gurih, bubur sumsum digemari anak-anak.

3. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau merupakan bubur yang sangat lezat, nikmat dan tentunya sehat. Bubur kacang hijau sangat lezat disantap dalam kondisi hangat maupun dingin. Bubur kacang hijau memiliki cira rasa manis, gurih dan sedap di setiap suapannya.

4. Bubur Candil

Bubur candil juga sering disebut sebagai jenang grendul. Bubur ini terbuat dari tepung tapioka dan disajikan bersama kuah santan yang gurih. Bubur candil berasal dari Jawa. Untuk mendapatkan bubur ini, kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional.

5. Bubur Sagu

Ini merupakan bubur yang terbuat dari tepung sagu. Bubur sagu menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Ambon dan sekitarnya. Bubur sagu memiliki cita rasa yang manis, gurih dan sedap menggugah selera.

6. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah bubur yang terbuat dari beras ketan hitam. Rasa bubur ini manis karena disajikan bersama saus gula merah dan santan kelapa. Banyak masyarakat di sejumlah daerah menyantap bubur ketan hitam dengan setangkap roti tawar.

7. Bubur Jali-jali

Ini merupakan bubur yang terbuat dari butiran beras padi. Bubur jali-jali memiliki cira rasa masnis yang khas karena dimasak bersama saus gula kelapa. Disantap bersama kuah santan gurih, tentunya bubur ini bikin nagih siapa saja yang menyantapnya. Dari namanya, kuliner ini diketahui merupakan khas Betawi.

8. Bubur Manado

Dari namanya saja, orang pasti paham bahwa kuliner ini berasal dari Manado. Bubur Manado memiliki cita rasa khas yang begitu menggugah selera.

Bubur ini terbuat dari jagung manis, bayam, beras, daun kemangi, labu dan anek bumbu sehingga menghasilkan rasa yang sedap. Bubur ini juga biasa disajikan dengan ikan cakalang yang disuwir-suwir.

9. Bubur Manggul

Bubur manggul berasal dari Madura. Bubur manggul berasal dari tepung beras yang dimasak dengan santan dan garam. Rasa bubur ini gurih.

Taburan serundeng atau kelapa sangrai dan bumbu rempah juga lauk sambal goreng udang membuat makanan yang satu ini sangat menggugah selera dan bikin nagih.

10. Bubur Kanji Rumbi

Bubur ini berasal dari Aceh. Bubur ini seklias mirip dengan bubur ayam. Namun dalam sajiannya, bubur ini disajikan dengan topping udang dan bumbu rempah yang lebih pekat serta menggugah selera. (lip6.c/Budi)