Apa Motif Pembunuhan Abby Choi yang Potongan Tubuhnya Ditemukan dalam Sup?

Jam : 17:04 | oleh -171 Dilihat
Abby Choi

Hong Kong, ToeNTAS.com,- Motif pembunuhan Abby Choi akhirnya terungkap. Seperti diketahui, model wanita asal Hong Kong tersebut dibunuh dan dimutilasi oleh mantan suami beserta keluarga pelaku.

Bahkan, potongan tubuh Abby Choi ditemukan dalam sebuah panci yang berisi sup. Berikut penjelasan selengkapnya soal alasan dibalik pembunuhan Abby Choi.

Motif Pembunuhan Abby Choi
Kepolisian Hong Kong menjelaskan motif pelaku membunuh Abby Choi. Disebutkan, permasalahan finansial menjadi motif utama pembunuhan terhadap Abby Choi.

“Kami meyakini korban dan keluarga mantan suaminya memiliki banyak perselisihan finansial yang melibatkan sejumlah besar uang,” kata Inspektur Kepolisian Hong Kong Alan Chung kepada wartawan setempat, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (28/2/2023).

“Ada yang merasa tidak puas dengan bagaimana korban menangani aset-asetnya, yang menjadi motif untuk membunuh,” sebut Chung.

Dikutip dari The Star, polisi setempat sebelumnya mengatakan jika Abby Choi berencana menjual properti mewah yang ditinggali mantan mertuanya. Properti Kadoorie Hill itu dibeli oleh Abby Choi dengan nama mantan ayah mertuanya.

Properti yang berlokasi di Ho Man Tin itu merupakan area perumahan kelas atas di Central Kowloon, Hong Kong. Menurut kepolisian, Abby Choi telah berjanji untuk memindahkan sang mantan suami beserta keluarganya ke tempat tinggal lainnya. Namun, hal itu malah memicu perdebatan sengit dengan mantan ayah mertua Abby Choi.

Mantan Suami Sekeluarga Jadi Tersangka Pembunuhan Abby Choi
Polisi telah menetapkan empat tersangka pembunuhan Abby Choi yang merupakan mantan suami sekeluarga. Keempat tersangka terdiri dari:

Anthony Kwong Kong-kit (31): Kakak laki-laki Kwong.
Saat ditangkap, mantan suami Abby Choi, Alex Kwong, membawa uang tunai HK$ 500.000 (US$ 63.695). Selain itu, Alex juga membawa beberapa jam tangan mewah senilai total HK$ 4 juta.

Awal Penemuan Potongan Tubuh Abby Choi
Kasus ini berawal saat Abby Choi dilaporkan hilang pada Rabu (22/2/2023). Awalnya, Abby Choi terakhir kali terlihat bersama kakak laki-laki mantan suaminya, yang juga bekerja sebagai sopir Abby Choi.

Keduanya berangkat menjemput anak perempuan Abby Choi, namun setelah itu, Abby Choi dilaporkan hilang.

Saat penyelidikan dilakukan, keluarga mantan suami Abby Choi sempat menghambat kepolisian dengan memberikan keterangan palsu. Kemudian, penyelidikan polisi berujung pada temuan beberapa potongan tubuh di dalam lemari pendingin yang ada di apartemen di Lung Mei Tsuen pada Jumat (24/2/2023).

Setelah melakukan penggeledahan lebih lanjut di sebuah rumah di pedesaan Tai Po dan pemakaman di Tseung Kwan O, polisi menemukan beberapa potongan tubuh Abby Choi lainnya pada Minggu (26/2/2023) waktu setempat. Diketahui bahwa Lung Mei Tsuan dan Tai Po berjarak sekitar 10 kilometer.

Potongan Tubuh Abby Choi Ditemukan di Panci Sup
Sebuah tengkorak, rambut dan beberapa tulang rusuk ditemukan di dalam sebuah panci besar berisi sup di dalam rumah yang digeledah. Objek-objek itu dibawa polisi untuk dilakukan uji forensik untuk mencari tahu apakah itu berasal dari jenazah Choi.

Kepolisian Hong Kong menyebut ada lubang kecil di bagian belakang tengkorak yang ditemukan, yang diyakini menjadi bukti adanya ‘serangan fatal’ terhadap korban. Kepolisian juga meyakini Abby Choi diserang di dalam van, yang kemudian disita sebagai bukti, dan dibawa ke dalam rumah yang menjadi lokasi temuan potongan tubuhnya.

Meskipun motif pembunuhan Abby Choi telah diketahui, Inspektur Kepolisian Hong Kong Alan Chung mengatakan bahwa pencarian bagian tubuh Abby Choi lainnya masih berlangsung. Bagian torso dan kedua tangannya Abby Choi masih hilang. (Edwin)