Pohon Tumbang di Kebun Raya Bogor Imbas Hujan Deras, Rusak Koleksi Kaktus

Jam : 16:51 | oleh -162 Dilihat
pohon tumbang di Kebun Raya Bogor
pohon tumbang di Kebun Raya Bogor

Jakarta, ToeNTAS.com,- Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor, Jawa Barat, sore kemarin mengakibatkan pohon besar di area Kebun Raya Bogor (KRB) tumbang. Pohon yang tumbang tidak termasuk pohon koleksi Kebun Raya Bogor.

“Hujan lebat disertai angin pada sore hari kemarin menyebabkan satu pohon tumbang di Kebun Raya, tepatnya di dekat area tanaman kaktus,” kata Zaenal Arifin, General Manager Corporate Communication and Security PT Mitra Natura Raya (MNR), selaku pihak ketiga pengelola Kebun Raya Bogor, Selasa (20/6/2023).

“Pohon tumbang pohon ficus sp, non-koleksi, bukan pohon koleksi. Alhamdulillah saat hujan lebat tidak ada pengunjung di area tersebut,” tambahnya.

Zaenal menyebutkan pohon yang tumbang berada di area koleksi tanaman kaktus berada di sisi timur Kebun Raya Bogor atau berdampingan dengan Jalan Otista Kota Bogor. Menurutnya, pohon yang tumbang sempat menimpa beberapa pohon koleksi yang berada dekat dengan pohon tumbang.

“Ada pohon koleksi (tanaman kaktus) yang terkena dampak. Saat ini masih berlangsung evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut, sementara pengunjung tidak bisa melintas di area tersebut,” ucap Zaenal.

Zaenal mengatakan pengamanan terhadap pengunjung tetap dilakukan ketika kawasan Kebun Raya Bogor mulai diguyur hujan.

“Sesuai SOP ketika hujan deras tim evakuasi menyisir para pengunjung membawa mereka ke tempat yang aman, di bawah gazebo dan beberapa tikum (titik kumpul) yang aman. Kami selalu mengimbau ketika hujan besar tidak berteduh di bawah pohon besar. Terutama pohon yang diberi safety line,” imbuhnya. (d.c/Wanda)