Balita Ditemukan Membusuk di Koja Jakarta Utara

Jam : 07:16 | oleh -125 Dilihat
Penampakan rumah bapak dan balita yang tewas membusuk di Koja
Penampakan rumah bapak dan balita yang tewas membusuk di Koja

Jakarta, ToeNTAS.com,- Penyebab kematian Hamka Rusdi (50) dan anak balitanya, Abid Qushayyi (2), yang ditemukan tewas membusuk di dalam sebuah rumah di wilayah Koja, Jakarta Utara, masih misterius. Istri, NF, yang menjadi saksi satu-satunya masih belum bisa dimintai keterangan.

Diketahui, NF berada di rumah tersebut selama berhari-hari saat suaminya tewas membusuk. NF ditemukan bersama anak balitanya yang lain.

Keduanya ditemukan dalam kondisi lemas saat itu. Namun, hingga kini belum terungkap apa yang menjadi kesaksian NF.

Jawaban Campur Aduk
Sebetulnya, NF masih bisa ditanya-tanya. Akan tetapi, saat ditanya yang berkaitan dengan kematian suami dan anaknya, NF kerap memberikan jawaban campur aduk.

“Jawabannya (istri korban) masih absurd. Ya campur aduk ganda gitu,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan di Polda Metro Jaya, Kamis (9/11).

Gidion menyebut istri korban masih bisa menjawab jelas terkait pertanyaan umum. Namun, saat penyidik menggali lebih dalam terkait kasus kematian suami dan anaknya, istri korban tidak stabil.

“Jadi pada pertanyaan yang normal tentang identitas itu wajar jawabannya, tapi kalau udah masuk ke pendalaman materi dia masih belum stabil,” ujarnya.

Dalam Pemantauan Psikiater
Hingga kini polisi masih mendalami kejiwaan istri korban dengan melibatkan psikiater. Penyidik, lanjut Gidion, masih menyelidiki kasus tersebut.

“Saya belum bisa pastikan (kejiwaan istri korban) karena hasil uji laboratorium juga belum tuntas. Hari ini mudah-mudahan ada (perkembangan), hari ini ke sana lagi. Hari ini psikiatri kemudian dengan penyidik komunikasi lagi dengan istrinya,” tuturnya.

Istri Saksikan Suami-Anak Membusuk
Sebelumnya, polisi masih menyelidiki kasus seorang ayah berinisial HR (50) dan anak balitanya, AQ (2), yang ditemukan tewas membusuk di dalam sebuah rumah di wilayah Koja, Jakarta Utara. Ternyata istri korban berada di lokasi selama berhari-hari saat suami dan anaknya sudah dalam kondisi tewas.

“Bisa bayangkan, dia berhari-hari ada di TKP. Kamu bukan medis, tapi kamu bisa bayangkan tekanan psikologis seorang ibu, seorang istri, ada di TKP,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Iver Son Manossoh kepada wartawan, Kamis (2/11).

Saat kedua korban ditemukan, si istri juga ditemukan di lokasi dengan kondisi lemas. Iver Son menambahkan saat ini pihak kepolisian masih melakukan serangkaian pemeriksaan kepada si istri, termasuk melakukan tes gangguan kejiwaan.

“Kira-kira dia alami keguncangan jiwa trauma atau apa ya, gangguan secara jiwa, apalagi medis, ini kan identifikasi medis. Jadi langkah-langkah kita ini medis yang lakukan, jadi untuk menganalisa apakah ada gangguan jiwa atau tidak,” ujarnya.

Istri Saksi Kunci
Istri, NF (40), yang menjadi saksi kunci, diharapkan membuka tabir kematian suami dan anaknya.

“Kami hanya mengharapkan informasi yang benar-benar valid diberikan langsung oleh Ibu NF,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan, dikutip Wartawan, Selasa (7/11/2023). (d.c/Endah)